banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Loka Minaula Kendari Jalin Kerja Sama dengan UMMU dan HIPMSI Maluku Utara

  • Bagikan
Kerja sama yang dijalin antara Loka Minaula Kendari dengan UMMU dan HIMPSI Wilayah Malut adalah untuk pengabdian sosial kepada para Lanjut Usia. (Istimewa)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, TERNATE – Loka Minaula Kendari, Sulawesi Tenggara, bersama Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Wilayah Maluku Utara, menandatangani naskah kerja sama tentang Penguatan Penyelenggaraan Program Asistensi Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia (ATENSI LU), Kamis (8/7), di ruang rektorat UMMU di kota Ternate.

Penandatanganan naskah kerja sama dihadiri oleh Rektor UMMU Saiful Deni, kepala Loka Reha Sosial Lanjut Usia (LRSLU) Minaula Kendari Syamsuddin, kepala Balai Rehabilitasi Sosial Orang Dengan HIV (BRSODH) Wasana Bahagia Ternate Udan Suheli, dan ketua HIMPSI Wilayah Malut Syaiful Bahry.

Rektor UMMU Saiful Deni, dalam sambutannya mengatakan, kolaborasi
antar lembaga sangat penting bagi pengembangan perguruan tinggi dan lembaga lainnya dalam hal pengabdian kepada masyarakat.

“Semoga dengan kerjasama sama ini kita semua termotivasi untuk memenuhi hak-hak Lanjut Usia sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia,” ucapnya.

Sementara itu, kepala LRSLU Minaula Kendari, Syamsuddin mengatakan, terkait tujuan kegiatan ialah dalam rangka menjalin kerja sama lintas pemangku kepentingan bagi optimalnya layanan bagi lanjut usia khususnya di Malut. Hal ini dinilainya sudah sewajarnya, mengingat Lansia merupakan kelompok yang paling rentan terdampak bencana sehingga perlu keterlibatan berbagai pihak, di antaranya perguruan tinggi dan organisasi profesi.

“Isu lanjut usia akan semakin mengemuka seiring peningkatan jumlah lanjut usia di Indonesia yang cukup tinggi. Hal ini menjadi tantangan dan tanggung jawab jawab kita bersama,” ungkap Syamsuddin.

“Kita semua berharap dengan adanya keterlibatan berbagai pihak seperti Perguruan Tinggi dan Organisasi Profesi kualitas layanan terhadap Lanjut Usia akan lebih optimal,” sambungnya.

Kepala LRSLU Minaula Kendari Syamsuddin (kiri) dan ketua HIMPSI Wilayah Maluku Utara Syaiful Bahry.

Kerja sama ini terdiri dari beberapa lingkup kegiatan. Pertama, penelitian bersama terkait Kebijakan dan Program Pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi Lansia di Maluku Utara.

Kedua, pengabdian masyarakat terkait dengan isu kelanjutusiaan, seperti Penyuluhan tentang Model Dukungan Psikososial bagi Lansia dalam keluarga, pencanangan ATENSI  berbasis komunitas, bimbingan teknis serta peningkatan kapasitas Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS LU) di Malut.

Ketiga, pendampingan dan pemberdayaan potensi Lansia, seperti pemberian konseling dan pendampingan kepada keluarga yang merawat Lansia, Penguatan keluarga dalam memahami dan melayani Lansia di rumah, Pemberian Layanan Dukungan Psikososial dan terapi pada Lansia dalam kondisi kedaruratan maupun dalam situasi bencana.

Syaiful Bahry dalam kapasitasnya selaku ketua HIMPSI Wilayah Malut, mengatakan bahwa kerja sama ini telah melalui proses komunikasi dengan pihak LRSLU Minaula Kendari, agar terjadi kerja sama dalam bidang penelitian, pengabdian, dan pendampingan terkait kelanjutusiaan.

“kami bersyukur hal ini dapat terlaksana dan semoga kedepannya kita dapat bekerjasama dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat, khususnya lanjut usia,” tuturnya.

Sebenarnya, lanjut Syaiful, pihaknya pernah melakukan pengabdian dan tanggung jawab sosial di Panti Lansia Himo-himo belum lama ini. Mereka melakukan relaksasi kepada Lansia di sana. Tak hanya itu, pihaknya juga membuat permainan untuk meningkatkan semangat para Lansia.

“Selain itu, HIMPSI Maluku Utara juga pernah diundang sebagai narasumber oleh LKS Makududara untuk memberikan materi tentang Peran Konselor Bagi ODHA yang kegiatannya terlaksana pada bulan Agustus 2020 di Aula Wasana Bahagia Ternate. Kedepannya, kita akan lebih meningkatkan kerja sama dan melaksanakan program-program yang sudah di tandatangani hari ini,” tutup Syaiful. (*)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *