Istri Wagub Malut Sesalkan Sikap Direktur RSUD Chasan Boesorie

Pelaksaan swab test PCR yang dilakukan istri Wakil Gubernur Malut dan staf rumah tangga beberapa waktu lalu. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Istri Wakil Gubernur Maluku Utara, Mutiara T. Yasin, menyesalkan sikap Direktur RSUD Chasan Boesorie lantaran acuh terhadap hasil swab PCR 30 pegawai dan staf rumah tangga yang bertugas di rumah dinas Wakil Gubernur Malut.

Menurut Mutiara, beberapa waktu lalu ada empat staf rumah tangga Wakil Gubernur Malut positif covid. Ia kemudian berinisiatif melakukan swab test menyeluruh untuk pegawai dan staf rumah tangga yang berjumlah kurang lebih 30 orang di kediaman pribadi Wakil Gubernur, di Kelurahan Mangga Dua, Kota Ternate.

“Langkah swab test ini kita lakukan dalam rangka mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan. Ini langkah antisipatif agar dapat mendeteksi sejak dini penyebaran virus covid-19 didalam lingkungan keluarga wakil gubernur, terutama untuk memproteksi diri, sehingga tidak menyebarkan virus ini ke lingkungan sekitar tempat para pegawai dan staf itu tinggal,” kata anggota DPRD Halmahera Tengah ini, Minggu (25/7).

Lanjutnya, dia kemudian meminta pihak RSUD Chasan Boesoiri untuk melakukan swab test kepada seluruh pegawai dan staf pada 7 Juli 2021. Sayangnya, swab test tersebut sampai saat ini tak kunjung ada. Padahal seluruh specimen pegawai dan staf sudah diambil.

“Berulang kali kita mencoba  menghubungi Direktur RSUD Chasan Boesoiri untuk bisa mengetahui hasilnya, namun belum juga ada informasi yang pasti terkait hasil swab test itu,” kesalnya.

Ia bilang, belakangan baru diterima informasi bahwa seluruh hasil swab telah diserahkan ke puskesmas di mana masing-masing pegawai dan staf itu tinggal.

“Ini juga belum pasti, sebab ketika dikonfirmasi, mereka para pegawai dan staf belum mendapatkan informasi apapun terkait hasil swab yang dilakukan beberapa waktu lalu itu,” ujarnya.

Kata dia, jika demikian mekanisme pemberitahuan hasil swab test melalui pihak puskesmas masing-masing, paling tidak pihaknya diberikan informasi, sehingga ada langkah-langkah antisipatif.

“Saya berharap Direktur RSUD Chasan Boesoiri tidak menganggap sepele soal hasil swab test ini. Sebab langkah yang kami lakukan ini tidak hanya  dalam rangka memproteksi kesehatan keluarga wakil gubernur saja, tetapi lebih dari itu adalah langkah antisipatif agar tidak menyebarkan virus ini kepada lingkungan sekitar,” tukasnya.

“Apalagi kita semua tau aktivitas wakil gubernur yang padat, banyak menerima tamu yang datang baik di kantor maupun di rumah. Interaksi antara pegawai dan staf dengan para tamu yang datang sangat dimungkinkan akan menularkan virus, jika kita tidak mengetahuinya sedari awal. Intinya, kita ingin memutuskan mata rantai penyebaran covid-19,” sambungnya.

Sebagai istri wakil gubernur, dirinya memiliki tanggungjawab membantu pemerintah dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Maluku Utara.

“Oleh karena itu, langkah preventif yang kita lakukan adalah melakukan swab test kepada seluruh pegawai dan staf dengan tujuan agar secepatnya mengetahui siapa saja yang terpapar virus ini, sehingga tidak menularkan kepada yang lain. Tapi sagangnya hasil swabnya belum diketahui sampai saat ini,” tandasnya.

Dihubungi terpisah, Direktur RSUD Chasan Boesorie, dr. Syamsul Bahri mengatakan bahwa pengambilan swab dilakukan oleh pihak Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda), namun Labkesda tidak melakukan menginput, akhirnya terlambat.

“Jadi hanya miskomunikasi sj. Tapi sudah selesai. Hasilnya sudah, nanti Labkesda yang sampaikan ke orangnya,” jelasnya menutup. (ask)

Respon (27)

  1. Ping-balik: astro pink lot
  2. Island Post is the website for a chain of six weekly newspapers that serve the North Shore of Nassau County, Long Island published by Alb Media. The newspapers are comprised of the Great Neck News, Manhasset Times, Roslyn Times, Port Washington Times, New Hyde Park Herald Courier and the Williston Times. Their coverage includes village governments, the towns of Hempstead and North Hempstead, schools, business, entertainment and lifestyle. https://islandpost.us/

  3. Healthcare Blog provides news, trends, jobs and resources for health industry professionals. We cover topics like healthcare IT, hospital administration, polcy

  4. After study a few of the blog posts on your website now, and I truly like your way of blogging. I bookmarked it to my bookmark website list and will be checking back soon. Pls check out my web site as well and let me know what you think.

  5. We’re a bunch of volunteers and opening a brand new scheme in our community. Your web site offered us with valuable info to paintings on. You’ve performed an impressive process and our whole group might be grateful to you.

  6. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your weblog? My website is in the very same niche as yours and my visitors would genuinely benefit from some of the information you provide here. Please let me know if this ok with you. Thanks!

Komentar ditutup.