DPRD Taliabu Desak Bupati Segera Berhentikan Kades Nunca

  • Bagikan
Ketua Komisi I DPRD Taliabu, Sukardinan Budaya. (Yasin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TALIABU – DPRD Kabupaten Taliabu dibuat geram dengan sikap Kepala Desa Nunca, Kecamatan Taliabu Utara, Wempi Suboong.

Pasalnya, sejak tahun 2019 sampai 2021 ini, Wempi diduga tidak menyalurkan gaji dan tunjangan aparat desa. Bahkan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) dan Laporan Pertangungjawaban Kepala Desa, tidak diseragkan ke Ketua dan anggota BPD.

Oleh karena, DPRD Taliabu melalui Ketua Komisi I Sukardinan Budaya mendesak Bupati Aliong Mus agar memberhentikan Kepala Desa Nunca, Wempi Subong.

“Masalah ini hampir sama seperti, Kades Jorjoga, Kades Hai dan Nggoli. Ini tidak boleh dibiarkan. Bupati harus segera bertindak,” desak Sukardinan saat dihubungi wartawan, Minggu (15/8).

Sukardinan meminta agar Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD) dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Taliabu untuk segera memanggil kades yang bersangkutan untuk dimintai klarifikasi.

Jika hal ini benar terjadi, lanjut dia, maka tidak ada alasan bagi Bupati untuk mempertahankan yang bersangkutan. Sebab masalah ini lebih fatal dari masalah ketiga kades yang sebelumnya.

“Ini masalah paling fatal dari semua kades di 71 desa di Taliabu, jadi masalah seperti ini semestinya tidak perlu dibiarkan berlama-lama,” tegasnya. (ysn/ask)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!