Tak Ada Penyidik, BNNK Halut Belum Tangani Kasus Narkotika

  • Bagikan
Kepala BNNK Halut, Maximillian Sahese. (Chido/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kekosongan penyidik pada Badan Narkotika Nasional Kabupaten/Kota (BNNK) hampir terjadi di seluruh daerah di Maluku Utara. Hal ini menghambat penanganan kaus narkotika di daerah tersebut.

Inilah yang dialami BNNK Halmahera Utara. Sejak berdiri sampai saat ini, BNNK Halut tidak memiliki satu pun penyidik.

“Pada tahun 2020 sampai sekarang belum ada penanganan kasus, karena belum ada penydik,” kata Kepala BNNK Halut, Maximillian Sahese kepada wartawan di Kantor Bupati Halut, Rabu (25/8) tadi.

Menurutnya, tidak adanya penyidik membuat pihaknya tidak bisa berbuat banyak dalam kasus narkotika. Sebab tidak bisa melakukan penangkapan.

“Kalau tidak ada penyidik lalu kita melakukan penangkapan, itu berbahaya. Bisa-bisa kita di-praperadilan. Kasus penangkapan narkoba kita berdasarkan bukti legalitas,.sehingga kita tidak boleh salah menangkap orang,” jelasnya.

Pihaknya mengaku sudah meminta pengisian penydik baik dari polri mapun ASN, tapi sampai saat ini belum ada.

Karena belum ada pengisian penyidik, sehingga pihaknya bersama Stakeholder terkait hanya fokus melakukan operasi justisi pada tempat-tempat yang dianggap rawan.

Pihaknya juga mengaku dari jumlah permintaan surat keterangam pemeriksaan narkoba (SKPN) yang dilakukan di BNN sampai saat ini belum pernah ada indikasi temuan positif.

Untuk itu, ia berharap semoga tidak ada warga yang indikasi positif.

“Kalaupun ada, kita akan melakukan proses lanjut, itupun bukan sebagian dari tindak hukum. Tapi sebagai tindaklanjut untuk mendeteksi yang bersangkutan untuk di-asesmen,” tandasnya.

Ia juga meminta kepada masyarakat agar sadar akan bahaya narkotika. Sebab kesadaran mereka sangat penting di lingkungan keluarga masing-masing untuk mencipatkan keluarga yang sehat dan kuat untuk hidup lebih baik dan tidak menyalahkan narkoba. (fnc/ask)

banner 680x680 banner 1280x473
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!