Terkait Pelayanan Kesehatan di Maba Utara, Wabup: Kita Cari Solusi Terbaik

Wakil Bupati Halmahera Timur, Anjas Taher.

PENAMALUT.COM, MABA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Halmahera Timur (Haltim) sedang mencari solusi untuk pelayanan kesehatan yang dikhususkan untuk Kecamatan Maba Utara. Hal itu dilakukan untuk memastikan pelayanan kesehatan khususnya rawat jalan bisa berjalan di kecamatan itu.

Komitmen Pemkab Haltim untuk permasalahan tersebut merupakan respon atas kejadian yang terjadi beberapa waktu lalu, dimana salah satu pasien rujukan asal Maba Utara yang terpaksa diangkut menggunakan kapal pengangkut kelapa (kopra-red) untuk mendapatkan perawatan di rumah sakit.

Wakil Bupati Haltim, Anjas Taher mengatakan, dirinya akan mendiskusikan dengan Bupati dan Kepala Dinas Kesehatan agar bisa segera dicarikan solusi atas permasalahan yang ada.

“Memang luput dari perhatian, saya juga berterima kasih kepada ade-ade wartawan yang sudah memberikan informasi ini,” kata Anjas, Rabu (15/09).

Dia menambahkan, untuk menindaklanjuti hal tersebut, dirinya juga akan meminta Kadis Kesehatan untuk segera melakukan pengecekkan sarana dan fasilitas kesehatan di puskesmas yang ada di kecamatan itu.

“Nanti saya minta untuk di cek puskesmas Dorosago dan Patlean, untuk memastikan fasilitas kita yang ada di sana, karena dua puskesmas itu bisa menjangkau beberapa desa ketika kondisi emergensi. Memang kita masih sangat berharap untuk akses jalan, tetapi kalau kondisinya seperti itu, nanti kita Solusikan,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk ambulans laut akan coba didorong pada APBD Induk tahun 2022 dengan tetap melihat aspek prioritas.

“Nanti kita upayakan di APBD berikut, karena penganggaran pemerintah daerah ini mengikuti siklus APBD. Kita upayakan untuk dorong,” ungkap Anjas.

Mantan anggota DPRD provinsi Maluku Utara itu juga mengaku akan menyampaikan permasalahan tersebut kepada Bupati untuk menjadi perhatian.

“Karena ini masalah masyarakat mengeluh, makanya kita akan pikirkan solusinya seperti apa,” imbuhnya. (MDF)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.