Inspektorat Halut Telusuri Dugaan Penyalahgunaan DD Soma

  • Bagikan
Kepala Inspektorat Halut, Tony Kappuw.

PENAMALUT.COM,TOBELO – Dugaan penyalahgunaan Dana Desa (DD) tahun 2018-2020 Desa Soma, Kecamatan Malifut, Kabupaten Halmahera Utara, sedang didalami pihak Inspektorat Halut.

Lembaga pengawasan internal pemerintah ini sedang mengumpulkan bukti-bukti dugaan penyalahgunaan DD tersebut.

Kepala Inspektorat Halut, Tony Kappuw mengatakan, pihaknya sudah turun ke Desa Soma untuk melakukan pengecekan. Bahkan sudah ada beberapa pihak yang dikonfirmasi terkait dengan laporan yang disampaikan masyarakat.

Setelah semua bukti dan laporan dikumpulkan tim, pihaknya akan menelaah hasil konfirmasi.

“Apakah masih dibutuhkan laporan tambahan untuk mendukung hasil pemeriksaan ataukah seperti apa, nanti kita lihat hasil telaah,” ujar Tony kepada wartawan, Jumat (15/10).

Ia menyebut laporan masyarakat terkait dugaan penyalahgunaan DD itu tahun 2018-2019. Meski tidak menyebut berapa nominal yang dilaporkan masyarkat, namun Tony memastikan penyalahgunaan DD itu tidak mutlak hanya terjadi satu tahun itu.

Saat ini Inspektorat membutuhkan surat pertanggung jawaban (SPJ) terkait administrasi, dan item-item yang dilaporkan masyarakat sebelumnya.

“Kita perlu membuktikan secara fisik di lapangan, misalnya jalan tani. Walau nantinya bukti-bukti yang dikumpulkan sudah cukup, tapi kami belum bisa menyimpulkan. Karena masih dalam tahap pemeriksaan hasilnya. Setelah tim rampungkan dari hasil pemeriksaan dan ada pihak-pihak lain yang perlu dikonfirmasikan, barulah bisa diangkat sebagai hasil pemeriksaan laporan,” jelasnya. (fnc/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!