Lagi, Mahasiswa Desak Rektor UMMU Segera Pecat Rahim Yasim

  • Bagikan
Mahasiswa saat menggelar aksi di depan gedung Fakultas Hukum, Kampus B, UMMU Ternate. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Ratusan mahasiswa Fakultas Hukum
Universitas Muhammadiyah Maluku Utara (UMMU) kembali menggelar aksi di depan gedung Fakultas Hukum, Kampus B, Kamis (28/10).

Mereka mendesak Rektor UMMU, Prof. Saiful Deni agar segera memberhentikan Rahim Yasim dari Dekan Fakultas Hukum.

Kordinator aksi, Muhlis Buamona menyampaikan bahwa Rahim Yasim telah diduga melakukan pelanggaran terhadap hak mahasiswa dan tidak menandatangani SK Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Hukum (BEM-FH) selama 4 bulan. Padahal sudah dilakukan upaya audensi selama dua kali dan dilanjutkan dengan komunikasi melalui via WhatsAapp, namun Rahim Yasim tidak merespons.

“Jadi dalam statuta perguruan tinggi UMMU dalam pasal 100 tentang hak mahasiswa ayat (1) huruf e segala kegiatan organisasi mahasiswa memenuhi persyaratan kampus, sehingga tindakan Rahim Yasim ini melanggar statuta perguruan tinggi,” kata Muhlis dalam orasinya.

Kata Muhlis, peran dan fungsi dari BEM Fakultas Hukum sangat penting untuk mahasiswa maupun Fakultas Hukum. Pihaknya juga sudah menyampaikan pendapat kepada pimpinan fakultas melalui Dewan Pimpinan Mahasiswa Fakultas (DPMFA), namun hingga kini belum terealisasi.

Sslain itu, dalam penyediaan fasilitas belajar mengajar sangat jauh dari harapan mahasiswa. Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai 500 orang, namun hanya tiga ruangan yang dipakai untuk belajar. Bahkan penyediaan perpustakaan fakultas dan perangkat-perangkat praktik peradilan sampai saat ini tidak dipenuhi oleh pihak fakultas. Ini tentu mengganggu efesiensi pembelajaran mahasiswa.

Belum lagi biaya SPP pertahunnya dinaikkan sampai 2 juta. Ini jelas tidak sesuai dengan keinginan mahasiswa. Bahkan jadwal perkuliahan juga sering diubah-ubah, sehingga dapat mengganggu stabilitas proses perkuliahan

Rahim Yasim dinilai sangat tidak layak menjadi seorang Dekan, karena beberapa kebijakan yang diambil oleh beliau tidak sesuai prosedur yang berlaku, sepertu pergantian SK pembimbing dan penguji tanpa alasan yang jelas dan keputusan yang diambil Rahim Yasim berdasarkan keputusan sendiri.

“Untuk itu, kami meminta Rektor agar dapat memberhentikan Rahim Yasim dan segera mengangkat Dekan baru yang memiliki integritas dan kepedulian yang serius dalam mengembangkan fakultas hukum. Jangan tunggu lagi, segera copot Rahim Yasim,” desak Muhli yang juga Presiden BEM Fakultas Hukum UMMU. (udi/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!