PAD Kota Ternate Bakal Dikontrol Lewat Sistem Digitalisasi

  • Bagikan
Sekda Kota Ternate, Jusuf Sunya. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate berencana menerapkan sistem digitalisasi di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mengontrol Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sekertaris Daerah Kota Ternate, Jusuf Sunya menjelaskan, rencana penerapan sistem digitalisasi ini sementara telah diancang-ancang dan masing-masing OPD telah menentukan. Rencananya besok akan dilakukan rapat bersama dengan Bappelitbangda untuk membahas rencana ini.

“Insya Allah ini bisa kita terapkan, karena sudah tersampaikan di setiap OPD. Saya juga baru diberi tugas sebagai pelaksana tugas BPKAD, tentunya ada hal-hal yang belum tuntas akan di inventarisir, kira-kira mana dulu yang diprioritaskan duluan,” kata Sekot saat diwawancarai, Kamis (28/10) tadi.

Jusuf memastikan pada tahun 2022 nanti setiap OPD menggunakan percepatan digitalisasi yang akan didorong untuk mengontrol PAD. Makanya Pemkot Ternate saat ini membutuhkan kepala OPD yang punya mobilitas tinggi, punya inovasi cepat melakukan transformasi penagihan pendapatan dari manual ke online.

“Digitalisasi ini juga menjadi prasyarat untuk kita lebih maju, dan untuk perbankan juga sudah siap mendorong dan mendukung Pemkot Ternate. Kemarin kita buat pilot project untuk pertama kali percepatan digitalisasi di Pasar Rakyat, sehingga kita koneksikan secepatnya agar bisa berjalan sekalian,” ujarnya.

Mantan Kepala Disnaker Kota Ternate ini menambahkan, percepatan digitalisasi ini mencegah terjadinya kehilangan pendapatan. Digitalisasi ini diupayakan bagaimana menciptakan efisiensi, efektif, dan maksimalisasi pendapatan agar tidak lagi bocor.

Ada beberapa objek yang dilakukan pemutakhiran data oleh BP2RD. Targetnya pada tahun 2024 itu semua objek sudah terkontrol. Pemkot Ternate juga tinggal menunggu Perda Kekayaan Daerah yang disahkan DPRD, agar hal ini bisa berjalan sama-sama.

Pemkot Ternate juga saat ini menunggu investor dari luar masuk ke Ternate untuk pendataan pengelolaan parkir di sejumlah titik. Pihaknya sedang membahas kerjasama ini, sebab belum fainal mengenai skema yang nanti dilakukan.

“Selama ini ada sejumlah titik parkir di Kota Ternate belum teratur. Maka dari itu akan ditangani pihak swasta. Pihak investor juga bakal menyiapkan mesin pengontrol,” jelasnya. (adv/udi)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!