Polres Sula Lidik Dugaan Korupsi Pembangunan 29 MCK

  • Bagikan
Kasat Reskrim Polres Sula, Iptu Aryo Dwi Prabowo. (Isrudin/NMG)

PENAMALUT.COM, SANANA – Penyidik Reskrim Polres Sula menyelidiki dugaan korupsi pembangunan MCK yang tersebar di 29 desa di beberapa kecamatan di Kabupaten Kepulauan Sula.

Proyek yang melakat pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman (PUPRKP) Sula tahun 2018 dianggarkan sebesar 16 miliar lebih.

Kasat Reskrim Polres Sula, Iptu Aryo Dwi Prabowo mengatakan, dugaan korupsi pembangunan 29 MCK ini sudah dilakukan penyelidikan oleh unit tindak pidana korupsi (Tipikor) Polres.

Sementara ini penyidik sudah meminta keterangan terhadap 12 orang, yakni dari Dinas PUPRKP Sula sebanyak 7 orang, dan dari pihak masyarakat sebanyak 5 orang. Pihaknya masih terus melakukan pendalaman terhadap kasus tersebut.

“Kami juga sudah turun mengkorescek di lapangan terkait pekerjaan pembangunan MCK ini. Jika nanti kami temukan adanya indikasi korupsi atau perbuatan melawan hukum, maka dinaikan statusnya dari penyelidikan ke penyidikan,” jelas Aryo saat dihubungi wartawan, Jumat (29/10) kemarin.

Sekadar diketahui, satu buah MCK dibangun dengan nilai anggaran 560 juta rupiah. Jika dikalikan 29 paket, maka totalnya Rp 16.240.000.000.

29 desa itu yakni Desa Wailia, Desa Fatkauyon, dan Desa Baleha di Kecamatan Sulabesi Timur. Desa Fuata dab Desa Skom di Kecamatan Sulabesi Selatan. Desa Wai Ina, Desa Kabau Darat, Desa Nahi, dan Desa Partina di Kecamatan Sulabesi Barat. Desa Wainin di Kecamatan Sanana Utara, Desa Pastina di Kecamatan Sanana.

Desa Wainanas, Desa Wailoba, Desa Baruakol, dan Desa Paslal di Kecamatan Mangoli Tengah. Desa Karamat Titdoy dan Desa Kou du Kecamatan Mangoli Timur. Desa Lekosula, Desa Dofa, Desa Pelita jaya, dan Desa Lekokadai di Kecamatan Mangoli Barat. Desa Modapuhi, Modapuhi Trans, Falabisahaya, dan Desa Modapia du Kecamatan Mangoli Utara. Desa Pelita Jaya dan Desa Waisum di Kecamatan Mangoli Utara Timur, dan Desa Auponhia di Kecamatan Mangoli Selatan.

Sementara di Desa Pancoran Kum Kecamatan Mangoli Utara Timur yang tercantum pembangunan MCK tersebut tidak dibangun. (ish/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!