DK Ditiadakan, DAU tak Kunjung Cair, Lurah di Ternate Makin Terjepit

  • Bagikan

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dampak refocusing mengakibatkan Dana Kelurahan (DK) dan Dana Partisipasi Pembangunan Kelurahan (DPPK) di Kota Ternate ditiadakan.

Harapan 78 Kelurahan di Kota Ternate bergantung ke Dana Alokasi Umum (DAU) yang dijanjikan Pemerintah Kota Ternate per kelurahan 100 juta.

Namun hingga memasuki November 2021 ini, harapan anggaran DAU pupus lah sudah.

Lurah Bastiong Talangame, Masdiana F. Syagar mengatakan, melalui dana sarana dan prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat yang berasal dari DAU sebesar 100 juta untuk tiap kelurahan tak kunjung dicairkan.

“Sudah memasuki bulan November ini belum ada tanda-tanda anggaran tersebut dicairkan, sehingga yang bisa dilakukan hanyalah pelayanan admistrasi. Kemarin Kaban Keuangan sudah sampaikan masing-masing kelurahan dicairkan 100 juta,” kata Masdiana yang ditemui wartawan, Senin (1/11) tadi.

Menurut dia, jika sampai akhir tahun barulah dicairkan, pihaknya akan kesulitan pada pertanggung jawaban.

Sementara Wali Kota Ternate, M. Tauhid Soleman mengaku dana kelurahan sejak tahun 2020 hingga 2022 sudah tidak ada, namun yang diharapkan adalah DAU.

Ia menyampaikan, persoalan anggaran bukan saja terjadi pada kelurahan, tetapi semua instansi demikian.

“Selama ini kita dapat dana kelurahan, tapi sejak 2 tahun ini bahkan tahun depan juga tidak ada. Sekarang yang kita manfaatkan hanya DAU saja,” tukasnya tanpa menjawab kapan DAU itu akan dicairkan. (ano/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!