Upaya Pemkab Taliabu Berbuah Manis, Bocah Penyandang Tuna Daksa Perlahan Mulai Berjalan

  • Bagikan
Meliana, bocah penyandang tuna daksa di Taliabu yang perlahan mulai berjalan. (Dinkes Taliabu)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Setelah melewati tahap demi tahap yang memakan waktu berbulan-bulan di Jakarta, upaya Pemerintah Kabupaten Pulau Taliabu melalui Dinas Kesehatan untuk memfasilitasi salah satu bocah berusia 5 tahun penyandang tuna daksa yang mengalami cacat fisik sejak lahir akhirnya berbuah manis.

Meliana, bocah asal Dusun Meang, Desa Tubang, Kecamatan Taliabu Timur ini mendapat fasilitas pemerintah daerah beberapa bulan lalu untuk menjalani pemeriksaan fisik dan pemasangan kaki palsu di Jakarta, kini mulai belajar berdiri.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu, Kuraisia Marsaoly mengatakan, upaya pemasangan alat bantu berupa kaki palsu untuk Meliana telah berhasil dipasang. Meliana kini mulai belajar berdiri sampai akhirnya dapat berjalan sebagaimana manusia normal lainnya.

“Alhamdulillah pasien meli (Meliana) sudah belajar berdiri setelah pemasangan kaki palsu,” kata Kuraisia kepada wartawan, Kamis (18/11) kemarin.

Meliana diketahui mengalami cacat cacat fisik sejak lahir. Kaki yang ia miliki hanya sebelah, Sementara sebelahnya juga cacat melengkuk. Akibatnya, ia hanya dapat merangkak dalam aktivitas kesehariannya.

Berdasarkan informasi yang diterima wartawan, bocah Meliana adalah anak ketiga dari pasutri Melianus Lasi dan mendiang Dorince Tomhisa. Mereka hidup serba keterbatasan. Meliana dan ayahmya bersama kedua kakaknya tinggal di sebuah gubuk di Dusun Meang, Desa Tubang, Kecamatan Taliabu Timur.

Keluarga Meliana tak bisa berbuat banyak. Yang mereka harapkan hanyalah dapat bantuan alat bantu untuk. Bantuan itu akhirnya datang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Taliab. Sejak Agustus lalu, Meliana kemudian difasilitasi oleh Dinkes.

Dengan fasilitas bantuan pemasangan alat bantu dari Pemkab Taliabu yang dipasang di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Meliana akhirnya bisa berjalan perlahan. Kini Meliana bisa tersenyum manis, karena impian untuk bisa berjalan akhirnya terjawab sudah. (ysn/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!