Anggaran Desa Tahap Tiga tak Kunjung Cair, Kades di Taliabu Semakin Resah

  • Bagikan
Kantor Bupati Taliabu. (Yasin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Taliabu, enggan memproses pencairan anggaran desa baik Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) tahap tiga tahun 2021.

“Ini sudah akhir tahun, kenapa belum ada pencairan? Padahal permintaan sudah di keuangan, tapi pihak keuangan belum juga merespons,” kesal sejumlah kepala desa yang enggan menyebut namanya kepada wartawan, Jumat (19/11).

Persoalan ini juga terjadi pada ADD tahap tiga tahun 2019 dan 2020. Di mana sampaibsaat ini BPKAD Taliabu belum juga mencairkannya.

“Pihak keuangan selalu beralasan kas dearah kosong, padahal Bupati dan Pimpinan OPD melakukan perjalanan dinsa terus. Apalagi Bupati Taliabu baru-baru ini berkunjung ke Spanyol. Kenapa anggaran ADD dan DD tahap tiga tidak dicairkan,” ujar mereka.

Menurut mereka, lambatnya proses pencairan ADD dan DD ini membuat masyarakat menuding kepala desa melakukan korupsi dan segala macam. Padahal, hal ini karena diperlambat oleh pihak pemerintah daerah dalam hal ini badan keuangan.

“Bukan hanya ADD dan DD, Kepala BPKAD juga tidak memproses ganti rugi lahan warga Desa Bahu dan Desa Pencado sampai sekarang,” tutur salah satu Kades.

Terpisah, Kepala BPKAD Taliabu Irwan Mansur ketika dikonfirmasi melalui WhatsApp mengatakan, untuk pencairan ADD menunggu Dana Bagi Hasil (DBH) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Menunggu anggaran DBH dan DAU, barulah dicairkan,” sungkat Irwan. (ysn/ask)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!