7 Jabatan Eselon II di Pemkot Ternate Segera Dilelang

  • Bagikan
Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly. (Karno/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) segera membentuk panitia seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi pratama (JPTP) yang saat ini masih lowong.

Sebanyak tujuh jabatan eselon II di lingkup Pemkot Ternate yang masih mengalami kekosongan dan di sementara diisi pelaksana tugas (Plt).

Tujuh jabatan eselon II yang bakal dilelang itu yakni Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP), Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Pendidikan (Dispen), Sekretaris DPRD (Sekwan), Dinas Kebudayaan, serta Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD).

Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Samin Marsaoly mengatakan, dalam waktu dekat Pemkot sudah akan membentuk panitia seleksi (Pansel) terbuka untuk JPT Pratama. Lelang jabatan yang dilakukan nanti dengan sistem terbuka (open bidding).

Mantan Kadis Dispar ini menegaskan, di periode pemerintahan M. Tauhid Soleman dan Jasri Usman ini jabatan Plt tidak boleh melebihi enam bulan.

“Kita harus mengacu daya produktivitas organisasi, agar pada pelaksanaan APBD tahun 2022 nanti tidak ada lagi OPD yang masih dijabat Plt,” ujar Samin saat ditemui wartawan, Selasa (23/11).

Menurut dia, status Plt akan menggangu pengambilan kebijakan. Sebab kebijakan-kebijakan yang bersifat strategis dan urgen, tidak bisa diambil oleh pelaksana tugas.

“Untuk syarat-syaratnya, saat ini masih dirumuskan. Setelag itu nantinya dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN),” jelasnya.

Pihaknya juga dalam waktu akan mengumumkan jadwal pelaksanaan lelang secara terbuka melalui media. Targetnya, kata dia, sebelum akhir Desember 2021, semua OPD yang dijabat oleh Plt sudah harus diisi pejabat definitif. Lelang jabatan ini juga akan disesuaikan dengan rencana penggabungan sejumlah OPD.

“Nanti kita lihat perkembangan. Tahapan seleksi ini melalui tahapan-tahapan tes yang meliputi seleksi administrasi, tes kompetensi bidang, tes kompetensi manajerial dan sosial kultural, tes kesehatan serta tes wawancara,” tandasnya mengakhiri. (adv/udi)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!