Harga Kopra Naik, Pala Masih Stabil

Ilustrasi kopra. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Harga komoditas hasil bumi di Kota Ternate naik.

Pantauan wartawan di salah satu tokoh jual beli hasil bumi, Simpati Bersama, harga kopra mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Sebelumnya harga kopra berada di angka Rp 10.000 per kilo, kini naik menjadi Rp 12.000 per kilonya.

Sama halnya dengan kopra, harga fuli juga terus naik. Sebelumnya Rp 245.00 ribu per kilo, kini naik menjadi Rp 250.000 per kilonua.

Sementara untuk harga biji pala dengan kualitas bagus, dibeli dengan harga Rp 100.000 per kilo.

“Permintaan biji pala terutama dari Surabaya meningkat pesat, tetapi untuk stok yang dijual petani masih sedikit,” kata Ko, pemilik Toko Simpati Bersama yang berlamat di Kelurahan Gamalama itu.

Sedangkan untuk harga komoditas cengkeh, harganya mulai turun dari Rp 105.000 per kg, kini turun menjadi Rp 100.000 per kilo. Hal ini disebabkan minimnya permintaan dari Surabaya.

Terpisah, Keapala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Hasyim Yusuf menyatakan, untuk harga komoditas hasil bumi seperti cengkeh, pala dan kopra masih stabil dengan harga sebelumnya.

Namun demikian, pihaknya berharap agar harga komoditas hasil bumi ini bisa naik terus, sehingga meningkatkan ekonomi bagi para petani di daerah ini. (mit/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.