DAERAH  

Belum Ganti Rugi Lahan 12 Warga, PT. TUB Beroperasi Lagi

Aktivitas PT. TUB. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Perusahaan tambang emas, PT. Tri Usaha Baru (TUB) yang beroperasi di Kecamatan Loloda Tengah (Loteng) Halmahera Barat, diketahui belum melunasi ganti rugi lahan dan tanaman warga setempat.

Meski sebelumnya sempat menghentikan aktivitasnya lantaran adanya aksi pemalangan yang dilakukan oleh warga lingkar tambang pada Juli 2021 lalu, kini informasinya perusahaan tersebut sudah beroperasi kembali.

Camat Loloda Tengah, Fabianus Atajalim, saat dikonfirmasi mengaku bahwa terkait masalah lahan ini sudah diselesaikan oleh pihak perusahaan. PT. TUB sudah membayar lahan tanam tumbuh warga Desa Nolu sebesar 1 miliar lebih.

Namun terdapat 12 Kepala Keluarga (KK) dari setempat yang lahannya tak kunjung direalisasi oleh pihak perusahaan yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah.

“12 KK yang memang belum terbayarkan ini karena tanah mereka kemarin alami longsor, sehingga secara fisik pihak perusahaan beralasan belum bisa membayar,” kata Fabianus saat ditemui di Kantor Bupati Halbar, Kamis (17/2) tadi.

Fabianus bilang, PT. TUB sudah beroperasi kembali dua bulan ini dan sudah pada tahapan produksi.

“Sudah beroperasi sejak Januari kemarin,” ujarnya.

Meski sudah beroperasi, wilayah operasi PT. TUB diketahui oleh Pemerintah Kabupaten Halbar. Bahkan perusahaan ini belum memasukkan data tenaga kerjanya ke Pemda.

“Kita belum tahu tambang itu ada di mana? Tidak ada laporan atau data yang masuk di sini, bahkan data awal perusahaan tersebut juga belum ada. Tapi memang informasi perusahaan tersebut sudah masuk di Halbar ini sudah lama,” tutur Kepala Bagian Kesra dan Tenaga Kerja Setda Halbar, Sania Tuarita saat dikonfirmasi terpisah.

Pihaknya, kata Sania, juga belum berkoordinasi dengan pihak kecamatan bahkan dangan pihak perusahaan tersebut.

“Dalam waktu dekat ini kami agendakan turun ke PT. TUB maupun seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di Halbar ini,” terangnya. (adi/ask)

Respon (8)

  1. Ping-balik: pgslot
  2. Hi, i believe that i saw you visited my site so i got here to ā€œgo back the favorā€.I’m attempting to to find issues to improve my web site!I guess its ok to make use of some of your ideas!!

  3. Hey there, You have performed a fantastic job. Iā€™ll certainly digg it and personally recommend to my friends. I’m sure they’ll be benefited from this web site.

  4. Spot on with this write-up, I really assume this website needs way more consideration. Iā€™ll in all probability be once more to read far more, thanks for that info.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *