DAERAH  

Jadi Gedung Tertinggi di Tobelo, Fasilitas Disarpus Halut Tersedia Lengkap

Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Halmahera Utara. (Chido/NMG)

PENAMALUT.COM, TOBELO – Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Daerah Kabupaten Halmahera Utara mulai rampung dikerjakan.

Gedung yang diklaim tertinggi di Kota Tobelo itu terlihat mulai dibersihkan halamannya. Proyek yang dikerjakan PT. Moderen Raya Indah Pratama dengan nilai 9,7 miliar itu progresnya sudah di atas 95 persen.

Bahkan dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan peresmian.

“Untuk peresmian akan dilakukan waktu dekat, jika semua sudah selesai. Sehingga gedung Perpustakaan ini bisa digunakan pada tahun ini,” kata Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakan Daerah Halut, Yulius Mairuhu kepada wartawan, Selasa (22/03).

Dikatakan Yulius, gedung perpustakaan ini terbilang salah satu bangunan tertinggi di kota Tobelo dan akan disiapkan fasilitas lengkap, terutama buku-buku, agar mendorong minat baca siswa. 

“Setelah Perpustakaan ini diresmi, para siswa tidak lagi kesulitan mengakses buku. Sebab buku-buku yang tidak ada di sekolah, akan tersedia di perpustakaan,” jelasnya.

Terkait keterlambatan pekerjaan gedung yang sempat mengalami keterlambatan, kata dia, dikarenakan sejumlah material yang terlambat dikirim dari luar Tobelo.

“Namun saat ini semua material sudah tiba di lokasi kegiatan dan dipastikan akan rampung dalam waktu dekat,” terangnya. (fnc/ask)