TPPS Malut Gelar Rakor Kolaborasi

Foto bersama usai Rakor

PENAMALUT.COM, TERNATE – Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Maluku Utara menggelar Rapat Koordinasi bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemprov Malut, bertempat di Royal Resto, Ternate, Sabtu (4/6).

Rapat yang dihadiri Ketua Pelaksana TPPS Malut M. Al Yasin Ali, Kepala Perwakilan BKKBN Malut dan jajarannya, Kakanwil Agama Malut, serta asisten manajer TPPS kabupaten/kota Malut ini dipandu langsung oleh Koordinator Manager Satgas Malut Fachri K. Sangadji.

Pada kesempatan itu, Fachri mengapresiasi positif terhadap kerja-kerja kolaborasi TPPS Maluku Utara. Menurutnya, dalam mekanisme tata kerja percepatan penurunan stunting yang penting untuk dimaknai dalam tugas koordinasi penyelenggaraan percepatan penurunan stunting adalah tugas tim dalam pola koordinasi, pola sinergi, serta pola monitoring evaluasi di semua tingkatan wilayah, baik dari pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga tingkat desa/kelurahan terkait dengan kelembagaan dan regulasi kebijakan.

“Dalam forum rapat koordinasi ini, mudah-mudahan kerja giat, kerja kolaborasi dan sinergi antara OPD teknis dan lintas sektor yang tergabung dalam TPPS Malut di bawah koordinasi Ketua Pelaksana TPPS Malut M. Al Yasin Ali, mampu menjawab menurunkan sebagaimana target nasional yang diharapkan presiden Joko Widodo sebesar 14 persen di tahun 2024,” harapnya.

“Tentunya ini memerlukan format strategi tersendiri untuk bisa memperlihatkan sebuah pencapaian yang disebut berhasil. Memaknai angka 14 persen, di mana target ini adalah “target antara” karena yang ingin dituju adalah Indonesia “zero stunting” (tidak ada kasus stunting),” sambungnya.

Sementara Sekretaris TPPS Malut, Renta Rego menambahkan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 72, pihaknya harus membentuk TPPS yang diketua Wakil Gubernur Maluku Utara M. Al Yasin Ali.

“Untuk itu terkait pertanyaan yang disampaikan tadi bahwa apa yang diharapkan dalam kegiatan ini, salah satunya yaitu membangun komitmen dan kolaborasi bersama tim yang ada melalui Wagub Malut sebagai Ketua Pelaksana TPPS Malut,” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga bakal membangun kolaborasi bersama stakeholder dan lembaga terkait secara vertikal bersama OPD terkait di lingkup Pemprov Malut secara bersama-sama. Sehingga tidak ada lagi ego sektor masing-masing, tetapi harus bekerja satu tim, yakni tim percepatan penurunan stunting Maluku Utara. (tan/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.