Mantan Kabag Pemerintahan Halbar Diperiksa Terkait Kasus Jual Beli Lahan

Mantan Kabag Pemerinatahan Halbar saat keluar dari ruang penyidik Kejari Halbar

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Tim penyelidik Kejaksaan Negeri Halmahera Barat terus mendalami dugaan korupsi jual beli lahan oleh Pemerintah Kabupaten Halbar yang dihibahkan untuk pembangunan kantor Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Maluku Utara.

Kamis (16/6) kemarin, Kejari memeriksa mantan Kepala Bagian Pemerintahan Setda Halbar, Demianus Sidete. Tidak hanya Demianus, Kasubag Pemerintahan Umum dan Otda, Rahmat Siko, juga diperiksa terkait masalah itu. Keduanya diperiksa sekitar tiga jam.

Kepala Kejari Halbar, Kusuma Jaya Bulo, setelah pemeriksa kedua pejabat itu, maka dalam waktu dekat pihaknya akan mengajukan ke dadan pemeriksa keuangan (BPK) atau badan pengawasan keuangan dan pembangunan (BPKP) Perwakilan Malut untuk dilakukan audit penghitungan kerugian negaranya.

Namun demikian, Kusuma belum bisa mengungkapkan terkait hasil pemeriksaan terhadap kedua pejabat tersebut.

“Pokoknya semua yang terlibat bakal dipanggil termasuk Kepala Dikbud Provinsi Maluku Utara,” jelasnya.

Ia mengingatkan agar dalam kasus ini tidak ada yang mencoba menghalang-halangi penyidikan. Sebab pihaknya tidak akan main-main menjeratnya dengan Pasal 21 subsider Pasal 22 UU Pemberantasan Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP.

“Kami tetap bekerja secara profesional. Jangan ada pihak yang membantu ataupun menghalangi penyidikan ini, karena ini tugas negara. Dan ini uang negara, uang masyarakat Halbar,” tegasnya.

Sejauh ini, Kejari Halbar telah memeriksa 15 saksi dalam kasus pembelian lahan itu. Lahan yang dihibahkan ke Pemprov Malut ini seluas 3.760 meter persegi untuk pembangunan Kantor UPTD Dinas Pendidikan. Pemkab Halbar sendiri menganggarkan melalui APBD Induk 2021 senilai Rp 543.061.952.

Penyidik juga telah memeriksa Wakil Ketua II DPRD Halbar, dan juga Sekda Halbar Syahril Abdul Rajak beberapa waktu lalu. (adi/ask)

Respon (12)

  1. Ping-balik: Kaws rock
  2. Your style is so unique compared to many other people. Thank you for publishing when you have the opportunity,Guess I will just make this bookmarked.2

  3. I like what you guys are up also. Such clever work and reporting! Keep up the excellent works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my web site 🙂

Komentar ditutup.