DAERAH  

Tiga Kades di Taliabu Resmi Diberhentikan

Wakil Bupati Taliabu, Ramli. (Yasin/NMG)

PENAMALUT.COM, TALIABU – 14 kepala desa (Kades) di Kabupaten Pulau Taliabu yang terancam diberhentikan oleh Bupati Aliong Mus lantaran diduga menyalahgunakan anggaran desa desa, tiga diantaranya telah resmi diberhentikan.

Wakil Bupati Taliabu, Ramli, menegaskan ketiga Kades tersebut telah diberhentikan. Mereka adalah Kades Mintun, Kades Pancoran, dan Kades Losseng.

Ramli mengatakan, 14 Kades ini sebelumnya telah dipanggil untuk menghadap. Namun baru 6 Kades yang datang untuk memberikan klarifikasi, sementara 8 lainnya belum datang.

“Jadi mereka diminta menyelesaikan pertanggungjawaban terkait dengan temuan kerja di masing-masing desa. Ada 8 Kades yang belum memenuhi panggilan,” ujar Ramli saat ditemui wartawan, Senin (29/8) tadi.

Ramli juga geram dengan sikap beberapa Kades yang masih berada diluar daerah. Padahal dari jauh-jauh hari surat panggilan telah dilayangkan.

“Kita sebagai pemerintah menjalankan aturan itu sudah sesuai, kalau tidak hadir sudah risiko mereka,” tegasnya.

Secara prosedur administrasi, lanjut Ramli, para Kades wajib mengklarifikasi laporan tersebut. Untuk ia meminta para Kades menyiapkan pertanggungjawaban agar diperiksa tim auditor dalam waktu dekat.

Para Kades juga diberikan waktu selama 60 hari guna menyelesaikan laporannya.

“Karena laporan dia (Kades) sudah kerja, tapi auditor mengatakan belum ada pekerjaan,” tandasnya. (ysn/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.