Dinkes Ternate Berencana Salurkan Obat-obatan ke Puskesmas dan UPTD

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Muhammad Sagaf. (Udi/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Ternate di tahun 2022 ini berencana mendistribusikan obat-obatan ke Puskesmas dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD).

Plt Kepala Dinkes Kota Ternate, Muhammad Sagaf mengatakan, anggaran dana alokasi khusus (DAK) nonfisik tahun 2022 sudah berjalan, sehingga dalam waktu dekat akan dilakukan pendistribusian ke masing-masing Puskesmas serta UPTD.

“Anggaran DAK nonfisik ini saya masuk itu sudah berjalan. Sedangkan untuk kebutuhan obat-obatan ini tergantung untuk permintaan di setiap wilayah kerja Puskesmas sesuai dengan jumlah kasus, sehingga bisa terdistribusi dengan baik,” ujarnya saat ditemui wartawan, Rabu (7/9).

Menurutnya, saat ini pihaknya sedang melakukan penguatan stok obat-obatan untuk kesediaan tahun 2023 agar tidak ada lagi kekosongan. Jika ada kekosongan, maka akan dilihat dari materi dan penyebabnya.

Namun, dia mengaku belum menyiapkan materi lantaran masih ingin melihat kembali seluruh obat-obatan di tempat instalansi yang masih tersisa berapa persen yang tersedia.

“Sehingga alur permintaan obat dari Puskesmas setiap triwulan itu sesuai dengan laporan yang masuk, dan juga jumlah kasus yang ditangani,” pungkasnya. (udi/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.