DAERAH  

Oknum Pejabat DPMD Taliabu Diduga Paksa Kades Belanja PLTS

Tiang PLTS yang saat ini berada di Dinas PMD Taliabu. (Yasin/NMG)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Pengadaan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk desa di Kabupaten Pulau Taliabu pada tahun 2021 yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) menyisakan masalah.

Pasalnya, para kepala desa (Kades) dipaksa oleh salah satu kepala bidang di DPMD untuk menganggarkan belanja PLTS sebanyak 6 unit per desa senilai Rp 168 juta. Kades yang tak sepakat dengan kebijkan ini tak mau menuruti, namun informasinya dipaksa.

“Ada oknum (pejabat DPMD) yang paksa kami untuk mengambil lampu jalan (PLTS) itu,” ungkap salah satu Kades yang tak mau menyebut namanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan dan Hukum Adat DPMD Taliabu, Ruslan Lahabibu saat dikonfirmasi sejumlah media secara terpisah terkesan menghindar. Ruslan yang hendak ditemui di Kantor Bupati itu langsung menjauhi wartawan dan bergegas meninggalkan wartawan.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Taliabu, Nazamudin, saat dimintai tanggapan mengenai hal itu berjanji akan mendalaminya. Namun sebelumnya akan disampaikan ke kepala Kejari terlebih dahulu.

“Informasi ini akan kami saya sampaikan ke pimpinan. Intinya apa yang nanti yang diperintahkan pimpinan akan saya laksanakan. Ini kan masih bersifat asas praduga tak bersalah,” tukasnya. (ysn/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.