Cegah Stunting, DWP Dinkes Taliabu Gelar Sosialisasi Vaksinasi PCV

Pencegahan stunting dan sosialisasi vaksinasi PCV. (Yasin/NMG)

PENAMALUT.COM, TALIABU – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Dinas Kesehatan Kabupaten Pulau Taliabu menggelar kegiatan kesehatan keluarga pencegahan stunting dan sosialisasi vaksinasi PCV (Pneumococal Conjugate Vaccine).

Kegiatan yang berlangsung di gedung pertemuan puskesmas Bobong, Senin (26/9) ini menghadikan pemateri dari pihak dinas kesehatan yakni Nurbintang Talaohu, SKM dan Mustina, S.Kep.

Dalam sambutannya, Nurbintang Talaohu, menyampaikan stunting adalah sebuah kondisi dimana tinggi badan seseorang ternyata lebih pendek dibandingkan dengan tinggi badan orang lain pada umumnya.

“Hal ini dikarenakan kurangnya asupan gizi yang diterima oleh janin/bayi, kurangnya pengetahuan ibu mengenai kesehatan dan gizi, masih terbatasnya layanan kesehatan, masih kurangnya akses kepada makanan bergizi dan kurangnya akses ke air bersih dan sanitasi,” jelasnya.

Karena itu, Nurbintang berharap dengan melalui organisasi DWP ini, para anggotanya bisa ikut berperan serta dalam mensosialisasikan pencegahan dan penanganan stunting.

Sementara, Ketua DWP Dinkes Taliabu, Rani Wahab, S.KM mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan bidang sosial Budaya DWP OPD Dinkes sesuai dengan rencana kerjanya.

“Kegiatan sosialisasi ini lebih ditekankan pada pendidikan pranikah wajib bagi remaja putri, karena bekal yang matang dan perkawinan yang berwarna akan menghasilkan generasi emas bangsa yang terhindar dari stunting,” ujar Rani.

Menurutnya, dengan sosialisasi PCV vaksin ini, tidak hanya dapat mencegah penyakit pneumonia, tetapi juga berbagai penyakit lain akibat pneumokokus, sehingga penting untuk diketahui oleh seorang ibu.

Sembari menambahkan, kegiatan ini disambut hangat yang ditandai dengan banyak pertanyaan dari peserta kegiatan. (ysn/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *