SMP IT Albina Ternate Optimis Masuk Final pada Kuis Pelita Bahasa

PENAMALUT.COM, TERNATE – SMP IT Albina Kota Ternate, Maluku Utara optimis masuk final pada Kuis Pelita Bahasa Tahun 2022. Kuis yang diprakarsai Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek tersebut dalam rangka merayakan bulan bahasa dan sastra tahun 2022.

Dalam lomba bergengsi antarsiswa itu, SMP IT Albina Kota Ternate yang mewakili Maluku Utara setelah dinyatakan lulus perengkingan pada seleksi Kuis Pelita Bahasa dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemedikbudristek tahun 2022, berhasil lolos seleksi dan melanjutkan ke babak final.

Guru Pembimbing SMP IT Albina Kota Ternate, Mely La Arisa, mengatakan dirinya berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bimbingan yang terbaik. Sebab, kata dia, masih ada waktu yang tersisa dua hari sampai dengan tanggal lomba nanti.

Ia bilang, para siswa yang disiapkan dalam lomba tersebut, yakni Arini Pratiwi, Naura Erfanti Gay dan Khairul Azzam. Mereka merupakan siswa-siswi terbaik di kelasnya masing-masing.

“Kami berkolaborasi dengan Ustazah Elyonora selaku senior kami guru Bahasa Indonesia dan Ustazah Fatma Kaufua, selaku Wakasek Kesiswaan sekaligus guru Bahasa Inggris. Insyaa Allah kami optimis masuk ke semifinal dan mudah-mudahan capai final,” ujar Mely kepada Nuansa Media Grup (NMG), Sabtu (1/10).

Sementara, Wakasek Kesiswaan SMP IT Albina Kota Ternate, Fatma Kaufua, menuturkan lomba ini diseleksi berdasarkan nilai akumulasi tim pada tes Ujian Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

“Dari nilai UKBI itulah, ketiga siswa-siswi kami dari SMP IT Albina Kota Ternate masuk 18 besar melaju ke babak berikutnya sesuai juknis yang diberikan kepada kami,” tuturnya.

Ia bilang, seleksi ini dilakukan di semua provinsi dan hanya 18 tim dari masing-masing provinsi yang masuk dalam babak penyisihan, setelah itu diseleksi lagi dan dibagi dalam enam kelompok.

“Satu kelompok diisi dari tiga perwakilan provinsi untuk merebut tiket semifinal enam besar,” katanya.

Di kesempatan yang sama, Kepala SMP IT Albina Kota Ternate, Ahmadyani Lewer sangat bersyukur atas capaian ini dan bisa berkonstribusi serta meneruskan tradisi mewakili Maluku Utara.

Selaku kepala sekolah, kata Yani sapaan akrab Ahmadyani Lewer, menambahkan pihaknya sangat mendukung penuh siswanya untuk bisa memberikan yang terbaik di level berikutnya.

“Dengan waktu yang masih tersisa, mudah-mudahan dipergunakan oleh para siswa dan guru pembimbing untuk memperkuat Tim SMP IT Albina, sehingga diharapkan bisa mencapai final nanti,” harap Yani.

Karena itu, pihaknya memohon doa dan dukungan dari masyarakat Maluku Utara, terutama doa dari orang tua para siswa yang mengikuti lomba. Sebab kata Yani, tanpa doa mereka tentu hal ini tidak akan berjalan dengan baik.

Sekadar diketahui, Kuis Pelita Bahasa adalah metode pembinaan bahasa dan sastra dalam bentuk kuis beregu/tim secara daring melalui aplikasi zoom. (tan)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *