KPU Halbar Gelar Rakor Persiapan Verifikasi Faktual Kepengurusan dan Keanggotaan Parpol

Suasana Rakor yang digelar oleh KPU Halmahera Barat. (Ukam/NMG)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat menggelar rapat koordinasi (Rakor) persiapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan partai politik tingkat kabupaten kota.

Rakor bersama seluruh Parpol dan stakeholder ini berlangsung di Aula Hotel Karunia, Desa Jalan Baru, Kecamatan Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat, Kamis (6/10).

Ketua KPU Halbar, Miftahuddin Yusup, mengatakan bahwa tujuan rapat ini untuk persiapan terkait dengan tahapan verifikasi fatual sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Pelaksanaannya akan dimulai pada 15 Oktober hingga 3 November 2022.

“Rapat ini bertujuan untuk menyatukan persepsi dan lain-lain. Selain itu juga untuk mengecek dan mengimbau kepada seluruh Parpol agar mempersiapkan seluruh hal-hal teknis terkait dengan verifikasi fatual tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, di dalam peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) nomor 4 terkait pendaftaran dan verifikasi serta penetapan partai politik bahwa, verifikasi fatual yang dilakukan oleh KPU, khususnya di kabupaten kota, ada tiga target yang akan dilakukan.

“Pertama, terkait dengan kepengurusan partai politik dan keanggotaan. Kemudian selanjutnya adalah alamat atau domisili kantor Parpol tersebut,” jelasnya.

“Jadi sesuai dengan keputusan Mahkama Konstitusi nomor 55 tahun 2020, disitu dinyatakan bahwa ada pemberlakuan khusus terkait dengan verifikasi administrasi dan verifikasi fatual,” sambungnya.

Sehingga itu, lanjut dia, khusus bagi partai yang memenuhi syarat parliamentary threshold pada tahun 2019 lalu itu 4 persen. Partai ini, kata dia, diberlakuan hanya untuk pendaftaran kembali dan verifikasi administrasi.

“Sedangkan Parpol yang tidak lolos pada parliamentary shreshold di tahun 2019 dan partai baru ini diberlakuan tiga tahap, yakni pendaftaran partai, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual,” pungkasnya. (uum/tan)

Respon (8)

  1. Hey there! Do you know if they make any plugins to protect against hackers? I’m kinda paranoid about losing everything I’ve worked hard on. Any suggestions?

  2. Greetings! I know this is somewhat off topic but I was wondering which blog platform are you using for this site? I’m getting fed up of WordPress because I’ve had problems with hackers and I’m looking at options for another platform. I would be awesome if you could point me in the direction of a good platform.

Komentar ditutup.