Sentra Gakkumdu Halmahera Utara Terbentuk

Rapat koordinasi pembentukan Sentra Gakkumdu Halmahera Utara.

PENAMALUT.COM, TOBELO – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Halmahera Utara melaksanakan rapat koordinasi bersama Polres dan Kejari Halut.

Rakor tersebut dalam rangka untuk membentuk Sentra Penegakkan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Halmahera Utara, bertempat di lantai II Sekretariat Bawaslu Halut, Senin (17/10).

Koordinator Sentra Gakkumdu Halut, Iksan Hamiru, mengatakan sesuai dengan ketentuan pasal 486 butir 1 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dijelaskan tujuan dibentuknya Sentra Gakkumdu adalah untuk menyamakan pemahaman dan pola penanganan tindak pidana pemilihan umum oleh Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

“Jadi tujuannya untuk penanganan pelanggaran, khususnya tindak pidana Pemilu dalam pelaksanaan Pemilu 2024,” katanya dalam Rapat Koordinasi Sentra Gakkumdu, Senin (17/10).

Sementara, Pembina Sentra Gakkumdu, Ahmad Idris, yang turut hadir dalam Rakor tersebut menuturkan bahwa dengan terbentuk dan keberadaannya Sentra Gakkumdu Halmahera Utara pada Pemilu 2024 ini, diharapkan dapat terbangun pola hubungan yang baik dan koordinasi yang aktif.

“Penting juga menjaga dan membangun kesepahaman bersama dalam kerja-kerja penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilu,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Halut, Maradona Eka Putra, menambahkan Sentra Gakkumdu berharap terus dan tetap menjaga sinergitas antara ketiga lembaga tersebut.

“Saya berharap harus ada sinergitas dan kerja sama yang baik,” harapnya.

Seirama dengan Maradona, Yakub B. Panjaitan KBO Reskrim Polres Halut, juga berharap Sentra Gakkumdu pada Pemilu 2024 menjaga dan membangun koordinasi dan komunikasi yang aktif.

“Karena dengan koordinasi dan komunikasi yang baik, dalam pelaksanaan penanganan pelanggaran tindak pidana Pemilu juga akan berjalan dengan baik pula,” tandasnya. (fnc/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *