KPU Sula Lakukan Verifikasi Faktual Kepengurusan 9 Parpol

KPU saat melakukan verifikasi faktual di kantor Partai Bulan Bintang (PBB) Sula.

PENAMALUT.COM, SANANA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Sula, melakukan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan 9 partai politik (Parpol) peserta Pemilu 2024 di wilayah setempat.

Sembilan Parpol yang mengikuti verifikasi tersebut, yakni Partai Bulan Bintang, Partai Buruh, Partai Garda Perubahan, Partai Gelombang Rakyat Indonesia, Partai Hati Nurani Rakyat, Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Perindo, Partai Solidaritas Indonesia dan Partai Ummat.

Anggota KPU Sula, Samsul Bahri Teapon, usai verifikasi faktual ke Partai Bulan Bintang menyampaikan, verfak kepengurusan Parpol telah berlangsung dua hari, yakni Minggu (16/10) hingga Senin (17/10).

“Hari Senin adalah hari terakhir, khusus untuk verifikasi faktual kepengurusan Parpol. Belum lagi verfak keanggotaan,” kata Samsul kepada Nuansa Media Grup (NMG), Senin (17/10) kemarin.

Menurut Samsul, verifikasi faktual keanggotaan Parpol akan dimulai hari ini, Selasa (18/10) sampai 15 Desember 2022 mendatang.

Lebih lanjut, Samsul menyebut, dari 9 Parpol yang diverfak kepengurusannya, ditemukan ada masalah administrasi, hanya saja KPU enggan membeberkannya.

“Memang ada masalah, tapi kita belum bisa sampaikan, karena memang masih dalam proses verifikasi,” tuturnya.

Sebab, lanjut Samsul, yang mempunyai kewenangan untuk memutuskan status sebuah Parpol tidak memenuhi syarat (TMS) atau memenuhi syarat (MS) itu domainnya dari KPU RI, berdasarkan hasil verfak kepengurusan dan keanggotaan Parpol.

Sedangkan untuk kepengurusan PBB Sula, Samsul bilang, tidak ditemukan masalah saat verifikasi faktual.

“Data yang diupload itu sesuai dengan hasil verfak kepengurusan. Tapi status TMS atau MS itu ranahnya KPU RI,” jelasnya.

Sementara Ketua PBB Sula, Lasidi Leko, optimis bahwa partai yang dipimpinnya ini akan lolos verfak kepengurusan maupun keanggotaan Parpol.

“Kita optimis lolos. Karena semua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PBB di 12 kecamatan di Sula sudah diberikan kartu tanda anggota partai,” katanya.

Sehingga itu, Lasidi mengimbau dalam tahapan verfak ini semua anggota tetap bersiap-siap di masing-masing tempat agar tidak menyulitkan KPU saat verfak.

“Selaku ketua partai, saya berharap agar semua anggota partai tetap ikuti dan taat pada tahapan ini, sehingga tidak menyulitkan pihak KPU. Dengan begitu, partai kita bisa lolos,” harapnya. (gun/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *