Dinkes Sula Minta Hentikan Sementara Penjualan Obat Sirup

Kepala Dinas Kesehatan Kepulauan Sula, Suryati Abdullah. (Isrudin/NMG)

PENAMALUT.COM, SANANA – Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sula, meminta fasilitas pelayanan kesehatan untuk sementara waktu tidak menjual obatan-obatan cairan dan menghindari meresepkan obat sirup.

Hal tersebut menindaklanjuti surat edaran dari Kementerian Kesehatan RI bernomor SR.01.05/III/3461/2022, di mana Kemenkes menginstruksikan kepada tenaga kesehatan (nakes) pada fasilitas pelayanan kesehatan untuk sementara tidak merespons obat-obatan dalam bentuk sediaan cairan berupa sirup.

Kepala Dinkes Sula, Suryati Abdullah, mengatakan pihaknya dari Dinkes Sula sementara ini tidak mengizinkan pelayanan obat sirup yang difasilitas pelayanan kesehatan, baik di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sanana maupun PKM serta saranan apotek yang ada di wilayah Kepulauan Sula.

“Larangan ini sampai ada edaran selanjutnya dari Kemenkes RI terkait penggunaan obat yang nanti direkomendasikan,” kata Suryati kepada Nuansa Media Grup (NMG), Kamis (20/10).

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat Kepulauan Sula, untuk sementara ini jangan dulu membeli obat secara bebas tanpa rekomendasi dari tenaga kesehatan.

“Harus menggunakan obat sesuai resep dokter atau tenaga kesehatan lainnya di wilayah kecamatan masing-masing,” tandasnya. (ish/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *