DAERAH  

Hadiri Pelantikan DPC APDESI Halbar, Begini Pesan Bupati

Sambutan Bupati Halbar, James Uang, dalam acara pelantikan DPC APDESI Halbar. (Haryadi/NMG)

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Bupati Halmahera Barat, James Uang, menghadiri acara pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Halbar periode 2022-2027.

Pelantikan DPC APDESI Halbar yang diketuai Atman Hasan ini berlangsung di Aula Bidadari Kantor Bupati Halbar, Senin (24/10) tadi.

Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan Kementerian Hukum dan HAM Nomor: 11/DPP-APDESI/X/2022, Tanggal 18 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, James menyampaikan bahwa dalam melaksanakan roda organisasi, hal yang paling mendasar diperlukan adalah solid. Karena itu, DPC APDESI harus menjalankan roda organisasi dengan baik serta mengakomodasi seluruh perangkat desa di Halmahera Barat.

“DPC APDESI harus memprogramkan hak-hak pemerintah desa termasuk hak masyarakat desa, dan kesolidan menjadi kunci utama untuk mengokohkan sebuah organisasi,” kata James.

James juga berharap kepada pengurus DPC APDESI yang baru dilantik hari ini, harus benar-benar memahami tupoksi dan menjalankan kinerja dengan baik, termasuk menjadi garda terdepan untuk memajukan desa-desa yang ada di Halbar.

“DPC APDESI yang baru dilantik ini harus melaksanakan amanat dengan baik. Untuk itu, APDESI harus siap mengakomodasi seluruh pemerintah desa yang ada di Halbar,” ucap James.

Selain itu, ia menegaskan kepada seluruh kepala desa agar kerja sesuai amanat perundang-undangan. Sebab, kata dia, jika terjadi kesalahan terkait dengan anggaran dana desa, ia tidak segan-segan untuk menggiring ke ranah hukum.

“Jadi kades-kades jangan lagi buat gerakan tambahan, kalau tidak mau berurusan dengan kejaksaan,” tegas James.

Sementara itu, Sekretaris DPP Apdesi, Joram Uang, menyampaikan selamat kepada pengurus DPC APDESI Halbar yang telah dilantik, dan mampu memberikan kontribusi kepada pemerintah daerah khususnya dalam mendorong perekonomian desa, sehingga setiap desa di Halbar semakin mandiri dan berkembang.

“Keberadaan APDESI diharapkan menjadi wadah komunikasi, koordinasi dan mampu bersinergi membantu dan mendampingi pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan desa dan ikut meningkatkan kualitas SDM aparatur desa,” pintanya.

Menurutnya, APDESI harus menjadi jembatan yang dapat memberikan solusi dan jawaban atas permasalahan yang ada di Halbar.

“Hadirnya APDESI bukan bagian dari masalah, tetapi APDESI merupakan bagian dari solusi,” katanya.

Di sisi lain, ia berujar bahwa pelantikan ini sudah sesuai aturan dan diakui sesuai perundang-undangan yang berlaku. Karena itu, kepada pengurus yang dilantik agar segera menyesuaikan diri dengan tugas baru yang diemban.

Lanjut Joram, tugas APDESI adalah menjaga dan mengangkat harkat dan martabat kepala desa, memastikan serta mengawal program daerah agar tetap sesuai intensifnya roda organisasi.

“Semoga kedepan dapat memotivasi pemerintah desa serta meningkatkan pencapaian kinerja dengan harapan bisa memunculkan banyak inovasi yang pada akhirnya memberi manfaat kepada masyarakat,” harapnya mengakhiri. (adi/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *