PAN Malut Perpanjang Pendaftaran Bacaleg

Konferensi pers yang digelar KPPW DPW PAN Malut. (Karno/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Maluku Utara memperpanjang bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR-RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Sebelumnya, pembukaan pendaftaran Bacaleg dibuka sejak 5-10 November 2022. Namun setelah melalui rapat komite pemenangan pemilu wilayah (KPPW) DPW PAN Malut, akhirnya disepakati diperpanjang hingga 15 November 2022.

Ketua KPPW PAN Malut, Hairun Rizal kepada Nuansa Media Grup (NMG) menyampaikan, pembukaan pendaftaran sekaligus pengembalian formulir pencalegan dini (Bacaleg) berdasarkan surat instruksi DPP PAN yang ditandatangani langsung Ketua Umum Zulkifli Hasan dan Sekjen, untuk segera dibuka pendaftaran baik calon anggota DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD kabupaten/kota di Malut.

“Oleh karena itu, kami sudah buka pendaftaran sejak 5-10 November, kemudian diputuskan untuk diperpanjang melalui rapat KPPW DPW PAN hingga 15 November 2022,” ujarnya dalam konferensi pers, Senin (14/11).

Hairun mengatakan, untuk bakal calon DPRD Provinsi yang terdiri dari lima daerah pemilihan (Dapil) saat ini empat Dapil sudah melampaui kuota. Dapil I Ternate-Halbar, kuota awal yang tersedia 15, namun hingga sekarang sudah di angka 18 Bacaleg. Dapil II Halut-Morotai dari 9 kuota kursi yang tersedia, sekarang sudah 14 Bacaleg.

Hal yang sama terdapat di Dapil III Tikep-Halteng-Haltim, dan Dapil IV Halsel juga sudah melampaui kuota. Sementara Dapil V Sula-Taliabu hingga kini masih kekurangan satu Bacaleg dengan jumlah kuota yang dibutuhkan.

Ia menyebut, dalam menghadapi Pemilu 2024 mendatang, pihaknya menargetkan di setiap Dapil DPRD Provinsi harus mencapai lima kursi.

“Ini artinya, dari masing-masing Dapil harus ada kursi. Untuk maksimalnya kita tanget 7 kursi, karena Dapil II Halut-Morotai dan Dapil IV Halsel secara realistis kami percaya bisa mendapatkan dua kursi,” ucapnya.

Untuk kabupaten/kota, lanjut dia, melalui rapat koordinasi dan konfirmasi secara internal, ditargetkan di setiap Dapil harus memperoleh satu kursi.

Namun demikian, apabila terdapat ada figur yang didorong mempunyai komposisi dan elektabilitas tinggi serta didukung dengan popularitas yang bagus, maka pihaknya yakin dan optimis per satu Dapil bisa melampaui hingga dua kursi.

“Sebagai partai politik, tentu kami siap mengikuti Pemilu yang dilaksanakan secara serentak pada 14 Februari 2024 mendatang,” pungkasnya. (ano/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *