DAERAH  

Kukuhkan 34 Orang Tua Hebat, Ketua TP-PKK Halbar Harap Atasi Masalah Stunting

Ketua TP-PKK Halbar, Meri Uang Popala.

PENAMALUT.COM, JAILOLO – Ketua TP-PKK Kabupaten Halmahera Barat, Meri Uang Popala, melantik Ketua TP-PKK tingkat Desa sekaligus mengukuhkan 34 Kepala desa dan tiga Camat sebagai Orang Tua Hebat, bertempat di Aula Bidadari Kntor Bupati Halbar, Rabu (16/11) kemarin.

34 kepala desa desa yang dikukuhkan sebagai orang tua hebat tersebut terdapat di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Jailolo, Kecamatan Sahu dan Kecamatan Sahu Timur.

Ketua TP-PKK Halbar, Meri Uang Popala menyampaikan, sebagai duta orang tua hebat, baik kecamatan maupun desa pasca dari pengukuhan hari ini agar semua kecamatan dan desa sesuai dengan komitmen harus membentuk kelompok bina keluarga balita dalam rangka menyelamatkan 1000 hari pertama kehidupan.

Menurut Meri, aalasan kenapa Halmahera Barat dijadikan sebagai corong dalam penanganan dan pencegahan stunting, karena selaku ketua TP-PKK, dirinya bersama Bupati, Wakil Bupati beserta seluruh Stakeholder di Kabupaten Halmahera Barat terus bersinergi dan berkolaborasi untuk mengimplementasikan Halbar sehat.

“Karena atas dasar itu, maka kami dinobatkan sebagai orang tua hebat di Kabupaten Halmahera Barat untuk Indonesia,” tuturnya.

Istri Bupati Halbar ini menyebutkan, untuk program pokok PKK terdapat 10 poin yang sangat relevan untuk dilakukan. Salah satunya penanganan dan pencegahan stunting, sebagaimana terkandung dalam point ke sepuluh, yaitu berencana sehat dalam rangka mewujudkan penyelamatan 1000 hari pertama kehidupan.

“Jadi kalau kita bicara soal stunting itu berarti kita berbicara tentang kehidupan manusia yang tidak sepotong-potong, tetapi seutuhnya, karena untuk penanganan dan pencegahan itu dilakukan sejak calon pengantin itu sudah didampingi dalam rangka menyelamatkan generasi emas 2045 ke depan,” ujarnya.

Saat ini pihaknya sudah melakukan pendampingan yang maksimal, sehingga pada tahun ini hingga kedepannya sesuai target angka stunting terus menurun.

“Saya berharap setelah dikukuhkan dan dinobatkan sebagai duta orang tua hebat, baik kecamatan maupun desa agar lebih optimis untuk mengatasi persoalan stunting di Halmahera Barat,” terangnya.

Sementara PO Bidang Program/Kegiatan Sekretariat BKKBN Pusat, Dr, dr Lucy Widasari mengatakan, Saat ini Halbar terpilih sebagai duta orang tua hebat dan ini merupakan amanah yang difokuskan pada enam pelayanan.

“Yang terpenting adalah dapat membentuk bina keluarga balita holistik integratif unggul di tiap desa,” tandasnya.

Luci mengemukakan, sebagaimana yang terkandung dalam Perpres 72 Tahun 2021, yaitu target pembentukan kelas bina keluarga balita sebesar 90 persen, tetapi setelah dikonsultasikan dengan Ketua TP-PKK, siap untuk mengimplementasikan 100 persen bina keluarga balita holistik integratif unggulan di seluruh desa.

“Kami berharap dari multipihak dan multisektor dapat bersinergi untuk berupaya dan berusaha memaksimalkan di sisa waktu yang tidak lama lagi untuk target penurunan secara nasional di tahun 2024,” harapnya menutup. (adi/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *