Tangkap Tahanan Kabur, 5 Kades dan 2 Warga di Sula Diberi Penghargaan

Upacara pemberian penghargaan oleh Kapolres Sula kepada 5 kades dan 2 warga yang ikut mengamankan dan memberi informasi terkait 4 tahanan yang kabur dari Rutan. (Isrudin/NMG)

PENAMALUT.COM, SANANA – Kapolres Kepulauan Sula, AKBP Cahyo Widyatmoko, memberikan penghargaan kepada lima Kepala Desa dan dua warga Sula yang berhasil menangkap empat narapidana yang sempat kabur dari rumah tahanan (Rutan) di Sula.

Empat napi tersebut di antaranya, Junaidi Ipa alias Foler, Darwis Paukuma alias Naina, Julfahrin alias Ino, dan pelaku pembunuhan satu keluarga di Falabisahaya, Gabriel Ola alias GO.

Cahyo mengatakan, dalam proses penanganan ke empat tersangka itu, pihaknya merasa terbantu oleh warga masyarakat Desa Waigoi, Desa Fatiba, Desa Waiboga, Desa Wailau, Desa Wa Ipa dan Desa Waihama yang dikomandokan para Kepala Desa yang ikut membantu dalam proses pencarian.

“Tentu partisipasi masyarakat seperti ini sangat membantu dan mempermudah tugas-tugas kepolisian, sehingga empat orang pelaku itu berhasil ditangkap,” kata Cahyo kepada Nuansa Media Grup (NMG), Senin (21/11).

Lantaran hal itu, ke lima orang Kepala Desa yang diberikan penghargaan oleh Kapolres Sula yakni Kepala Desa Waigoi, Kepala Desa Bega, Kepala Desa Fatiba, Kepala Desa Waiman dan Kepala Desa Wailau serta dua warga lainnya.

“Lima kepala desa dan dua orang warga atas nama Morat dan Hamdi Umasugi yang memberi informasi kepada pihak kepolisian ini diberi penghargaan,” tuturnya.

Kata dia, mewakili kepolisian khususnya Polres Kepulauan Sula memberikan apresiasi kepada warga yang turut membantu melakukan penyisiran terhadap tersangka yang kabur dari Rutan di Polres Sula.

“Wujud apresiasi itu kami memberikan penghargaan kepada lima orang kepala desa yang menggerakkan warganya, serta kedua masyarakat yang memberikan informasi tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, Cahyo menambahkan, masing-masing tersangka tersebut diamankan di lokasi berbeda. Di hari kedua pihaknya mengamankan 2 orang pelaku, yakni Foler dan Ino, di Desa Fatiba. Sedangkan di hari ketiga masyarakat menangkap tersangka Naina, di Desa Waiman, Kecamatan Sulabesi Tengah.

“Di hari ke 17 barulah anggota Polres Sula meringkus tersangka pembunuhan satu keluarga di Desa Falabisahaya, yakni Gebrial Ola alias GO di Desa Waihama, Kecamatan Sanana,” jelas Cahyo. (ish/tan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *