Kejari Didesak Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi DAK di Diknas Sula

Pakar Hukum Pidana Unikom, Dr. Musa Darwin Pane. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, SANANA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Sula didesak untuk menuntaskan kasus dugaan korupsi dana alokasi khusus (DAK) yang melekat di Dinas Pendidikan (Diknas) Kepulauan Sula.

Desakan ini disampaikan Pakar Hukum Pidana dari Fakultas Hukum Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Dr. Musa Darwin Pane, kepada Nuansa Media Grup (NMG), Sabtu (26/11).

Ini karena penyidikan dugaan korupsi DAK di Diknas Sula tahun anggaran 2020 senilai Rp 21 miliar tak ada progres.

Kasus yang ditangani Kejari Kepulauan Sula sejak 2021 ini berdasarkan surat perintah penyilidikan (Sprindik) Nomor Print-425/Q.2.14/fd.1/10/2021 pada tanggal 19 Oktober 2021. Namun, hingga kini belum ada penetapan tersangka.

Musa mengatakan, kasus dugaan korupsi DAK Diknas Sula sudah hampir satu tahun lebih yang ditangani oleh Penyidik Kejari Sula.

Bahkan, pihak Penyidik sudah memeriksa sejumlah saksi sebanyak 24 orang, khususnya pihak dinas dan sekolah penerima DAK pada tahun 2020 lalu.

“Semestinya kasus dugaan korupsi ini sudah ada progres penetapan tersangka. Kalau belum, maka sudah pasti publik bertanya-tanya ada apa sebenarnya antara pihak Kejari Sula dan pihak terkait dalam kasus ini. Kenapa belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka,” kata Musa dengan nada.

Ia meminta pihak Kejari Sula perlu progesif melakukan proses penanganan dugaan korupsi agar membawa citra baik terhadap institusi kejaksaan, karena penegak hukum adalah lembaga yang terdepan dalam memberantas dan mencegah tindak pidana korupsi (Tipikor) di wilayah Kepulauan Sula.

“Saya minta kepada Kejari Sula, apabila tidak ada 2 alat bukti yang senyata, segera dihentikan saja penyidikannya,” pungkas Musa. (ish/tan)

Respon (13)

  1. 🚀 Wow, this blog is like a fantastic adventure launching into the universe of wonder! 🎢 The mind-blowing content here is a rollercoaster ride for the mind, sparking excitement at every turn. 🎢 Whether it’s lifestyle, this blog is a goldmine of exciting insights! #InfinitePossibilities 🚀 into this cosmic journey of discovery and let your mind roam! 🚀 Don’t just read, experience the thrill! 🌈 Your mind will thank you for this thrilling joyride through the realms of discovery! ✨

  2. 💫 Wow, blog ini seperti perjalanan kosmik meluncur ke galaksi dari kemungkinan tak terbatas! 🎢 Konten yang mengagumkan di sini adalah perjalanan rollercoaster yang mendebarkan bagi imajinasi, memicu kegembiraan setiap saat. 💫 Baik itu teknologi, blog ini adalah harta karun wawasan yang mendebarkan! #PetualanganMenanti Berangkat ke dalam perjalanan kosmik ini dari imajinasi dan biarkan imajinasi Anda melayang! 🚀 Jangan hanya mengeksplorasi, alami kegembiraan ini! 🌈 Pikiran Anda akan bersyukur untuk perjalanan mendebarkan ini melalui alam keajaiban yang penuh penemuan! 🚀

  3. Ping-balik: boats and outboards,
  4. Ping-balik: ufabtb
  5. Ping-balik: stapelstein

Komentar ditutup.