Minim Peminat, Panwaslu Pulau Ternate Perpanjang Pendaftaran PKD

Ketua Panwaslu Kecamatan Pulau Ternate, Farman Noh. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Panitia Pengawasan Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate memperpanjang masa pendaftaran calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) dalam rangka Pemilu tahun 2024 mendatang.

Ketua Panwaslu Kecamatan Pulau Ternate, Farman Noh, menuturkan proses tahapan perekrutan calon anggota Panwaslu Kelurahan/Desa di Kecamatan Pulau Ternate diperpanjang.

Ini berdasarkan pedoman pelaksanaan pembentukan panitia pengawas PKD untuk pemilihan 2024. Sejak dibukanya pendaftaran dan penerimaan berkas pendaftaran calon anggota PKD pada tanggal 14 sampai 19 Januari 2023 yang mendaftar sudah 24 orang yang tersebar di 6 kelurahan.

“Yang sudah mendaftar saat ini sebanyak 24 orang. Pendaftar laki-laki 12 dan perempuan 12 pendaftar dan tersebar di 6 kelurahan di Kecamatan Pulau Ternate,” ujarnya kepada wartawan Nuansa Media Grup (NMG), Senin (23/1).

Namun, setelah dilakukan penelitian administrasi masih terdapat satu kelurahan yang dilakukan perpanjangan pendaftaran, karena belum memenuhi dua kali pendaftar dan belum ada keterwalikan perempuan.

“Diperpanjang pendaftaran hanya di Kelurahan Kastela, karena hanya satu pendaftar,” katanya.

Farman menambahkan, perpanjangan tersebut dilaksanakan oleh kelompok kerja (Pokja) pembentukan Panwaslu kelurahan/desa sesuai dengan pedoman selama tiga hari sejak tanggal 24 sampai 26 Januari 2023 nanti.

“Jika dalam proses perpajangan sudah dilakukan namun tidak ada lagi pendaftar, maka kita tetap melanjutkan sesuai dengan mekanisme proses tahapan,” pungkasnya. (gon/ask)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *