KPK OTT Gubernur Malut, Lebih dari 14 Orang Lainnya turut Diamankan 

PENAMALUT.COM, TERNATE – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba.

Selain gubernur, lembaga antirasuah ini juga mengamankan lebih dari 14 orang. OTT terkait lelang jabatan dan pengadaan barang dan jasa ini dilakukan di Kota Ternate dan Jakarta pada Senin (18/12).

Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebut saat ini lebih dari 15 orang termasuk Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Mereka yang diamankan itu sampai saat iniasih berstatus terperiksa dan belum ditetapkan sebagai tersangka.

“Masih dilakukan permintaan keterangan terhadap para pihak yang ditangkap. Selengkapnya akan kami sampaikan setelah memastikan seluruh proses kegiatan selesai,” ujarnya.

Sementara itu, para pihak yang di-OTT di Kota Ternate saat ini mulai di bawa ke Jakarta oleh KPK. Pada Selasa (19/12) pagi tadi, terlihat lebih dari empat pejabat diberangkatkan ke Jakarta melalui Bandara Sultan Baabullah, Kota Ternate.

Amatan wartawan, terlihat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Daud Ismail, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Imran Yakub, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa (BPBJ) Ridwan Arsan, dan salah satu kepala seksi pada Dinas PUPR Malut.

Sebelum di bawa ke Jakarta, empat pejabat ini lebih dulu diamankan di Mako Brimob Polda Malut yang berlokasi di Kelurahan Akehuda, Kecamatan Ternate. (gon/ano/ask)