Polda Maluku Utara Musnahkan 3,5 Kg Ganja dan Ratusan Minuman Beralkohol 

Konferensi pers pemusnahan barang bukti hasil sitaan Ditresnarkoba Polda Malut. (Aksal/NMG)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Maluku Utara melakukan pemusnahan terhadap barang bukti hasil penangkapan dan sitaan di tiga bulan terakhir tahun 2023.

Hasil sitaan yang dimusnahkan itu antara lain, 6 paket besar narkotika jenis ganja dengan berat bruto 3,5 kg, 341 sachet plastik bening kecil ganja, 19 sachet plastik bening kecil  sabu.

Selain itu, Ditresnarkoba juga memusnahkan minuman keras sebanyak 380 kantong plastik jenis captikus, 36 botol bir putih ukuran 620 ml, 16 botol bir hitam ukuran 620 ml, 51 botol minuman keras jenis arak cina berukuran 2 liter, 35 botol bir hitam ukuran 300 ml, 28 botol minuman keras bir cina ukuran 600 ml, dan 97 kaleng bir putih ukuran 500 ml.

“Jadi ini barang bukti hasil sitaan dan penangkapan dimusnahkan. Ini hasil dari razia akhir tahun, natal dan tahun baru 2023 terhitung Oktober hingga Desember 2023,” kata Kabid Humas Polda Maluku Utara, Kombes Pol Michael Irwan Thamsil di Kantor Ditresnarkoba Polda Malut, Kamis (21/12).

Minuman keras ini, kata Michael, diamankan di tempat hiburan dan penginapan yang ada di Kota Ternate. Sedangkan untuk narkoba, diamankan di tempat  pengiriman barang dan jasa yang ada di Kota Ternate. 

“Rata-rata captikus dan bir itu disita di tempat hiburan. Untuk minum Cina maupun narkotika itu di tempat pengiriman barang,” ujarnya. 

Michael bilang, ganja dan minuman Cina ini pada saat diamankan, anggota tidak menemukan pemiliknya. Karena saat monitoring tidak satupun pemilik yang datang mengambil di jasa pengiriman.

Sementara untuk sejumlah sachet sabu dan ganja yang diisi kertas bening kecil, petugas berhasil mengamankan 9 orang pelakunya.

“Jadi 9 orang itu dilakukan restorative justice (RJ), tapi sebelum RJ mereka dilakukan pembinaan,” jelasnya. (gon/ask)