DAERAH  

Sekda Halmahera Timur Optimis Dapat WTP Tahun Ini

Sekda Haltim, Ricky CH Richfat. (Istimewa)

PENAMALUT.COM, MABA – Pemerintah Kabupaten Halmahera Timur optimistis meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) lagi dalam pemeriksaan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun 2023. Pasalnya, hasil evaluasi internal Pemkab Haltim menunjukkan kegiatan pembangunan dialokasikan pada APBD 2023 sudah dilaksanakan dengan tuntas.

Sekretaris Daerah Haltim, Ricky CH Richfat, mengatakan BPK telah melakukan audit pendahuluan atas penggunaan anggaran 2023 mulai dari tanggal 26 Januari sampai 28 Februari dan pemeriksaan terinci tanggal 1 sampai 5 April serta dilanjutkan kembali pemeriksaan terinci lagi mulai 17 April sampai 17 Mei 2024.

“Setelah dilakukan evaluasi secara internal, Pemkab Haltim sangat optimis bisa meraih kembali predikat WTP dari BPK dalam pemeriksaan LDK tahun 2023,” ujarnya meyakinkan.

Menurut Ricky, Pemkab Halmahera Timur sudah beberapa kali mendapat predikat WTP dari BPK secara berturut-turut. WTP bisa diraih karena kekompakan Bupati, Wakil Bupati dan Sekda mengawal kinerja dinas teknis dalam pelaksanaan pembangunan dan anggaran.

“Sejak awal pelaksanaan tahun anggaran, Bupati, Wakil Bupati dan Sekda telah menegaskan agar pimpinan dinas teknis harus melaksanakan kinerja anggaran dan pembangunan secara prudent,” jelasnya.

Lebih jauh Sekda menyampaikan, hasil evaluasi internal menunjukkan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2023 dilaksanakan dengan tuntas.

“Dari hasil evaluasi seluruh program dalam APBD terealisasi tuntas sesuai rencana, kinerja administrasi anggaran juga makin baik, sehingga kami berkeyakinan kembali dapat predikat WTP dari BPK terhadap pemeriksaan LKD tahun 2023,” tutupnya menegaskan. (tan)