Dihadapan Pj Gubernur, Pengungsi Erupsi Gunung Ibu Keluhkan Masalah Stunting

Pj Gubernur Samsuddin Abdul Kadir membagikan susu kepada anak-anak di lokasi pengungsian erupsi gunung ibu di Halmahera Barat.

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Pj Gubernur Maluku Utara, Samsuddin A Kadir, memberikan bantuan kepada korban terdampak erupsi Gunung Ibu di Halmahera Barat, Senin (20/5).

Ada tiga lokasi pengungsian yang dikunjungi Pj. Gubernur, yakni Desa Gam Ici, Desa Tongutesungi, dan Desa Tongute Ternate di Kecamatan Ibu. Tercatat 13 desa yang terdampak erupsi gunung Ibu dengan jumlah pengungsi 1.554 jiwa.

Disamping memberikan bantuan, Pj Gubernur juga mengecek langusung dapur umum, pos kesehatan, dan tempat tidur para pengungsi.

Setelah itu, Pj Gubernur menyempatkan waktu berdialog dengan sejumlah warga yang mengungsi dan membagikan susu untuk anak-anak.

Pada kesempatan itu, pengungsi menyampaikan masukan kepada pemerintah daerah agar memperhatikan masyarakat terdampak erupsi tersebut. Salah satu masalah yang disampaikan warga adalah Stunting.

“Pak Gubernur, di pengungsian ini ada yang stunting sebanyak 7 orang. Jadi mohon diperhatikan,” ucap salah satu warga.

Mendengar hal itu, Samsuddin langsung merespons. Ia memastikan pemerintah daerah tetap memantau kondisi masyarakat di pengungsian, termasuk salah satunya stunting.

“Stunting tetap menjadi perhatian. Tidak ada bencana pun harus dibantu, apalagi saat terkena musibah,” ujarnya

Sebelumnya, Pemprov Malut melalui BPBD telah menyerahkan bantuan berupa masker, sabun, matras, selimut, paket perlengkapan keluarga, paket kebersihan keluarga, dan makanan siap saji.

Bantuan itu kemudian diserahkan secara simbolis oleh Pj Gubernur berupa 100 dus mie, 250 kg beras, 15 dus susu kotak, 15 dus air mineral, 3 dus biskuit, dan 3 dus popok bayi.

Sekadar informasi, kedatangan Pj. Gubernur ke lokasi pengungsian warga ini didampingi Danrem 152/Babullah Brigjen TNI Elkines Villando, Bupati Halbar James Uang serta Ketua Posko Dandim 1501/Ternate Kolonel Arm Adietya Yuni Nutono, dan Kepala BPBD Malut Fehby Alting. (ano/ask)