Bawaslu Kota Ternate Lantik 24 Anggota Panwascam

Pelantikan 24 anggota Panwascam bertempat di Bela Hotel.

PENAMALUT.COM, TERNATE – Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Ternate, Kifli Sahlan, melantik 24 anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam), Sabtu (25/5).

Pelantikan ini berdasarkan keputusan Ketua Bawaslu Nomor: 10/KEP-TTE/2024.

Pada kesempatan itu, Kifli berharap kepada anggota Panwascam yang baru dilantik agar menjaga integritas dan bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku.

Setelah Panwascam dilantik, kata dia, tugas pertama yang akan dilaksanakan sesuai kewenangannya untuk membentuk dan mengangkat panwas kelurahan/desa. Oleh karena itu, ada dua hal yang ia sampaikan untuk menjadi prioritas utama.

Pertama, melanjutkan kinerja Pokja untuk dilakukan wawancara sampai pada pelantikan untuk pengawas PKD. Kedua, pada 31 Mei sudah mulai pemutahiran data pemilih. Sehingga ini yang menjadi konsentrasi.

Kifli juga berpesan agar perekrutan PKD itu agar orang-orang yang memiliki integritas, bebas dari ikatan pekerjaan dengan lembaga-lembaga lain. Tujuannya agar orang tersebut fokus menjadi seorang pengawas pemilu, apalagi di dalam pendaftar itu adalah aparatur sipil Negara (ASN). Seorang ASN menjadi pengawas pemilu dia harus mendapatkan izin dari atasan langsung.

“Ketika bersangkutan dilantik tidak lagi bekerja seperti ASN, dia diberhentikan sementara dari ASN dan bekerja penuh waktu sebagai seorang pengawas pemilu. Ini yang harus diperhatikan,” pungkasnya. (ask)