90 Anggota Panwas Kecamatan di Halmahera Selatan Dilantik

Pelantikan 90 anggota Panwascam

PENAMALUT.COM, LABUHA – Sebanyak 90 anggota panitia pengawas pemilihan kecamatan (Panwascam) di Halmahera Selatan resmi dilantik.

Pelantikan ini bertempat di Aula Hotel Buana Lipu, Desa Mandaong, Kecamatan Bacan Selatan, Sabtu (25/5). Pelantikan ini dipimpin Ketua Bawaslu Halmahera Selatan, Rais Kahar.

Panwascam yang dilantik ini untuk melaksanakan tugas pengawasan Pilkada Halmahera Selatan 2024.

Ketua Bawaslu Rais Kahar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mereka yang dilantik. Ia berpesan agar selalu solid dan menjaga integritas dalam melaksanakan tugasnya.

“Kepada saudara-saudari yang baru dilantik ini, utamakan langka pencegahan pada setiap tahapan yang diawasi. Tugas utama Bawaslu dan jajaran sangat jelas diatur dalam ketentuan dengan mengedepankan langka pencegahan, pengawasan dan penindakan,” ucapnya.

“Setelah dilantik, segera balik ke masing-masing kecamatan untuk melaksanakan tahapan pemilihan yang sudah mulai berjalan. Sementara ini ada tahapan rekrutmen jajaran pengawas pemilu papangan/PKD. Pastikan semua proses sesuai prosedur yang berlaku,” sambungnya.

Pada kesempatan itu, Rais juga mengingatkan bahwa pemilihan kali ini sangat berbeda dengan pemilihan sebelumnya. Di mana pemilihan serentak kali ini ada dua jenis pemilihan, yakni pemilihan gubernur dan wakil Gubernur, serta pemilihan bupati dan wakil nupati.

“Sehingga itu, kita harus bersinerja untuk sama-sama awasi pemilihan ini dengan baik. Prinsipnya tegak lurus tanpa pandang bulu. Apabila ada temuan dugaan pelanggaran, segera tindak lanjut sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku,” pintanya.

Selelah Proses pelantikan dilanjutkan dengan pembekalan orintasi tugas dan fungsi pengawas pemilu kepada Panwaslu Kecamatan. (rul/ask)