MAJANG  

Renovasi Jembatan Makassar Timur Dianggarkan 6,3 Miliar

Jembatan di Makassar Timur yang bakal direnovasi

PENAMALUT.COM, TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menganggarkan Rp 6.343.718.000 (6,3 miliar) untuk renovasi jembatan di Kelurahan Makassar Timur tepatnya di Jl. Sultan M. Djabir Sjah 01.

Proyek tersebut bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) tahun 2024 dengan waktu pekerjaan selama 120 hari kalender.

Sekretaris Daerah Kota Ternate, Rizal Marsaoly, mengatakan sarana prasarana dan infrastruktur jalan serta jembatan adalah hal yang penting untuk dijaga kualitas dan ketahanan strukturnya. Sehingga renovasi jembatan ini sangat penting.

Pihaknya telah melakukan rapat koordinasi awal dengan Dinas PUPR, Dinas Perhubungan, Dinas Perkim, Satpol-PP, Perumda Ake Gaale, Satlantas Polres Ternate, PLN, Telkomsel, perwakilan nelayan setempat, perwakilan pedagang Pandara Kananga, Lurah Gamalama dan Lurah Makassar Timur untuk membicarakan tindaklanjutnya.

Dalam hasil rapat sesuai penjelasan dari tim teknis konsultan Dinas PUPR, bahwa metode pelaksanaan yang akan digunakan adalah menggunakan tiang panjang. Sehingga secara struktur lebih kuat, dan tentunya bisa lebih efisien menaikkan permukaan atau elevasi jembatan.

“Supaya jalur air pada dasar jembatan bisa berjalan lancar termasuk sirkulasi perahu nelayan lebih leluasa,” ujarnya.

Pekerjaan ini juga nantinya menggunakan pendampingan dari Kejaksaan Negeri Ternate untuk menjaga akuntabilitas penyerapan dan target pekerjaan lebih maksimal dan terukur.

“Harapannya dengan adanya pembangunan dan penggantian jembatan ini bisa lebih menambah dan melancarkan sirkulasi moda transportasi di jalur  jalan tersebut. dan secara tidak langsung juga memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pengguna jalan, baik untuk pejalan kaki, roda dua dan roda 4,” pungkasnya. (udi/ask)