DPRD Malut Sampaikan Penjelasan Usulan Ranperda Inisiatif Prioritas Propemperda

0
Anggota Komisi IV DPRD Malut, Abdul Malik Silia, mewakili komisinya saat menyampaikan penjelasan terhadap Ranperda inisiatif

PENA – DPRD Provinsi Maluku Utara pada tahun 2021 ini mengusulkan 11 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif prioritas Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda). 11 Ranperda inisiatif DPRD ini telah disusun draf rancangan dan pada Rabu (13/1) kemarin, masing-masing alat kelengkapan DPRD menyampaikan penjelasan terkait Ranperda tersebut dalam rapat paripurna ke 13 masa persidangan ke satu tahun sidang 2020/2021.

Komisi I menyusun draf dua Ranperda yakni Ranperda tentang tata laksana penanggulang bencana daerah dan Ranperda tentang dana cadangan bencana. Komisi II juga menyusun dua Ranperda, yakni Ranperda tentang perlindungan dan pengembangan usaha mikro kecil dan menengah, dan Ranperda tentang tata niaga hasil pertanian

Komisi III menyusun dua draf Ranperda, yakni Ranperda tentang rencana umum energi daerah Provinsi Malut 2021-2050, dan Ranperda tentang perubahan Perda Nomor 13 tahun 2012 tentang pengelolaan ketenagalistrikan daerah. Komisi IV juga dua Ranpeda, yakni Ranperda tentang pemajuan kebudayaan daerah Provinsi Malut, dan Ranperda tentang fasilitasi pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap Narkotika dan prekursor Narkotika.

Sedangkan untuk Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) menyusun tiga draf Ranperda, yakni Ranperda tentang pengelolaan sumber daya air, Ranperda tentang pelestarian dan pengelolaan cagar budaya, dan Ranperda tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum.

Setelah disampaikan penjelasan masing-masing komisi terhadap Ranperda inisiatif dihadapan Gubernur Abdul Gani Kasuba kemarin, hari ini Kamis (14/1) giliran Gubernur AGK menyampaikan tanggapan atas usulan Ranperda inisiatif DPRD ini. (ask)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here