banner 1080x1080 banner 1080x1080 banner 1080x1080

Komisi III DPRD Malut Minta Gubernur Tegur Kepala Inspektorat

  • Bagikan
Ketua Komisi III DPRD Malut, Zulkifli Hi. Umar. (Ask/Penamalut)
banner 468x60

PENA – Komisi III DPRD Provinsi Maluku Utara, meminta Gubernur Abdul Gani Kasuba untuk menegur kepala Inspektorat, Nirwan M.T Ali agar dapat menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik.

Ini karena permintaan Komisi III terkait audit belum juga dipenuhi Inspektorat. “Jangan jadikan anggaran sebagai alasan tidak menindaklanjuti permintaan Komisi III terkait audit,” kata Ketua Komisi III DPRD Malut, Zulkifli H. Umar, saat ditemui Rabu (27/1).

Menurutnya, pasca dilantik sebagai Kepala Inspektorat Malut, Nirwan tidak pernah hadir saat dipanggil Komisi III. Terhitung sebanyak tiga kali panggilan tidak diindahkannya. “Saat kami panggil itu tiga kali tidak hadir, hanya mewakilkan sekertarisnya. Untuk itu Gubernur harus tegas terhadap kinerja bawahannya seperti Inspektorat ini,” ujarnya.

Zulkifli bilang, setiap ada proyek yang diduga bermasalah di masing-masing instansi, maka Inspektorat wajib melakukan audit investigasi. Apalagi sudah ada permintaan atau rekomendasi dari DPRD yang merupakan mitra Pemprov. Kemitraan antara DPRD khususnya Komisi III dengan Inspektorat dalam hal pengawasan ini untuk menjaga kualitas pembangunan yang dilakukan pemerintah.

Jika alasannya hanya anggaran sehingga tidak bisa melakukan audit. “Lantas kapan bisa diawasi pekerjaan itu. Ini artinya Inspektorat tidak serius menjalankan tugas dan fungsinya. Ini kan aneh. Makanya gubernur sebagai pimpinan tertinggi tegur kinerja kepala Inspektorat ini,” tandasnya. (ask)

banner 1080x1080
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *