Kepala BI Malut: Ekonomi Maluku Utara Tumbuh 4,92 Persen

  • Bagikan
Kepala BI Maluku Utara, Jeffri Dwi Putra. (Istimewa)

PENA – Meski dihantam gelombang Pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 lalu, perekonomian di Maluku Utara bisa tumbuh pesat hingga 4,92 persen. Hal tersebut disampaikan Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Maluku Utara, Jeffri Dwi Putra.

Kepada Penamalut, Jeffri mengatakan, di tahun 2020 perekonomian di Maluku Utara tumbuh positif. Itu sejalan dengan pertumbuhan ekonomi nasional yang pertumbuhannya mencapai 2,07 persen.

“Kita patut bersyukur, dan kedepan hal itu jadi modal untuk pertumbuhan ekonomi Maluku Utara tahun 2021,” jelas Jeffri usai acara Pendidikan dan Pelatihan Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Cabang Kota Ternate, Kamis (11/2) di Royal Function and Hall, Kota Ternate.

Jeffri menambahkan, beberapa sektor ekonomi di Maluku Utara memang tumbuh cukup baik, tapi tidak setinggi industri manufaktur atau pertambangan.

Selain itu, Bank Indonesia, sesuai kebijakan pemerintah pusat di masa Pandemi Covid-19 ini akan terus bersinergi untuk mendorong pemulihan ekonomi nasional. Dalam menunjang hal itu, ada beberapa sektor ekonomi yang terus didorong.

Antara lain, membuka sektor-sektor ekonomi produktif tapi aman, mendorong penyaluran kredit perbankan, percepatan pengeluaran fiskal, melanjutkan stimulus kebijakan moneter dan makro, serta mendiring digitalisasi perekonomian.

“Kami terima bicoran, ekonomi digital saat ini pertumbuhannya sangat luar biasa. Bahkan mencapai Rp 2700 triliun. Hal itu akan kita kembangkan lagi di tahun-tahun berikutnya,” jelas Jeffri, menutup. (*)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!