Budaya  

Peringati Harlah Sultan Baabullah Dengan Ziarah Makam

Suasana ziarah makam Sultan Baabullah di Kelurahan Foramadiahi. (Istimewa)

PENA – 10 Februari merupakan hari lahir (Harlah) Sultan Baabullah Datu Sjah. Untuk memperingatinya, panitia Harlah Sultan Baabullah menggelar sejumlah kegiatan. Salah satunya adalah melakukan ziarah ke Makam Sultan Baabullah yang terletak di Kelurahan Foramadiahi, Kecamatan Ternate Pulau, pada Rabu (10/2) kemarin.

Kegiatan ritual ziarah ini selain dihadiri perangkat adat Kesultanan Ternate, juga dari Keluarga Malamo Ternate (Karamat), Korem 152 Baabbulah, serta Pramuka Kwartir Baabullah.

Ketua panitia kegiatan, Zulkifli Tomahir kepada wartawan mengatakan pihak panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sampai selesai. Harla Sultan Baabullah ini, kata dia, merupakan pertama kali diperingati setelah Negara memberikan gelar pahlawan nasional. “Ada tiga agenda dalam memperingati Harlah ini, yakni dialog publik, ritual ziarah dan rateb. Dan hari ini dilakukan agenda ziarah,” ujarnya kemarin.

Menurutnya, kegiatan ini ditargetkan ke depan bisa dilaksanakan setiap tahun pada 10 Februari. Dirinya berharap ini menjadi agenda bersama pemerintah juga dengan masyarakat Kota Ternate khususnya dan Maluku Utara pada umumnya.

Sementara Kasrem 152 Baabullah, Kolonel (Inf) Wawan Subajo mengatakan pihaknya juga merayakan Harlah Sultan Baabullah bertepatan dengan agenda tradisi satuan menyambut anggota baru yang masuk dalam satuan. “Ini bersamaan dengan agenda kami, sehingga sama-sama ke makam Baabullah. Kita lakukan secara bersama, dengan harapan untuk kesatuan kami yang namanya juga Baabullah. Agar apa yang dialami Sultan Baabullah, mudah-mudahan bisa turun ke perajurit kami yang baru ini,” harapnya.

Dalam artian jiwa, kata dia, kepahlawanan Sultan Baabullah ini bisa di bawa dalam tugas baru para anggota dan harapannya agar para anggota yang baru bergabung ini juga bisa baik dalam bertugas. “Tradisi ziarah ini akan dikembangkan terus. Kami juga tetap bekerjasama baik dengan pihak kesultanan, sehingga kegiatan seperti ini terus berlanjut,” tandasnya. (cun)

Respon (26)

  1. Illuderma is a serum designed to deeply nourish, clear, and hydrate the skin. The goal of this solution began with dark spots, which were previously thought to be a natural symptom of ageing. The creators of Illuderma were certain that blue modern radiation is the source of dark spots after conducting extensive research. https://illudermabuynow.us/

  2. You really make it seem so easy with your presentation but I find this topic to be really something which I think I would never understand. It seems too complicated and very broad for me. I’m looking forward for your next post, Iā€™ll try to get the hang of it!

  3. Ping-balik: tautan web
  4. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to assert that I acquire in fact enjoyed account your blog posts. Anyway I will be subscribing to your augment and even I achievement you access consistently fast.

  5. Thank you for any other wonderful post. Where else may just anybody get that type of information in such a perfect way of writing? I have a presentation next week, and I am on the look for such information.

Komentar ditutup.