Dikbud Malut Temukan Masalah Sekolah Hingga Guru Honorer Tak Produktif

Kadikbud Malut, Imam Makhdy Hassan. (Istimewa)

PENA – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Maluku Utara menemukan sejumlah masalah, mulai dari keberadaan guru honorer yang tumpang tindih, hingga pendirian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang jurusannya tidak sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

Kepala Dinas Dikbud Malut, Imam Makhdy Hassan mengatakan, pihaknya pada saat melakukam monitoring ke sejumlah sekolah baik SMA maupun SMK di beberapa kabupaten/kota dan mendapati banyak masalah yang terjadi pada sekolah tersebut. Salah satunya adalah pendirian salah satu sekolah SMK di Kabupaten Halmahera Selatan.

Di mana sekolah SMK tersebut jurusannya tidak sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Bahkan guru yang mengajar di sekolah tersebut tidak sesuai dengan jurusannya. “SMK itu jurusannya Teknik Komputer Jaringan (SMK). Guru yang mengajar di sekolah itupun guru pendidikan agama, bukan guru dengan basic keilmuan teknik komputer. Ini aneh,” kata Imam saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/2).

Menurutnya, sekolah ini awalnya SMK Pertanian. Enath kenapa, kemudian dirubah menjadi SMK TKJ. Alhasil, sekolah tersebut tidak memiliki guru dengan basic ilmu teknik komputer. “Padahal kalau mau rubah jurusan ya tarulah SMK Kelautan saja, karena keberadaannya di pesisir dan terdapat banyak nelayan. Dengan begitu lulusan SMK ini bisa termanfaatkan,” ujarnya.

“Kalau mau paksakan SMK TKJ, terus ketika siswa yang lulus dari situ keluar mau jadi apa ? Kan harus sesuai kebutuhan. Kira-kira yang dibutuhkan dari daerah itu apa. Harus disesuaikan dengan kebutuhan,” tandasnya.

Memang kata dia, di daerah itu membutuhkan sekolah baik SMA maupun SMK. Akan tetapi keberadaan sekolah itu harus menjawab tantangan dan kebutuhan. Tidak hanya sekadar memenuhi adanya sekolah, lalu mengabaikan kebutuhan daerah dengan potensi yang dimilikinya.

Dikatakannya, masalah lain yang ditemukan adalah banyaknya guru honorer yang tumpang tindih. Guru honorer yang diangkat kepala sekolah di masing-masing sekolah ini sangat banyak dan sangat membebani daerah. Padahal, keberadaan guru honorer ini tidak produktif dan tidak sesuai dengan kebutuhan sekolah.

“Banyaknya guru honorer ini outputnya apa ? Malah dinas dicaci maki ketika terlambat membayar gaji mereka. Oleh karena itu nantinya kita evaluasi dan buat penguarangan. Kita butuh guru honorer yang produktif,” pungkasnya. (ask)

Respon (32)

  1. Ping-balik: serum
  2. Healthcare Blog provides news, trends, jobs and resources for health industry professionals. We cover topics like healthcare IT, hospital administration, polcy

  3. Ping-balik: buy Viagra online
  4. I just couldn’t go away your website prior to suggesting that I extremely loved the standard information a person supply to your guests? Is going to be back steadily in order to investigate cross-check new posts

  5. Thanks a lot for sharing this with all of us you actually recognise what you’re talking approximately!
    Bookmarked. Kindly also consult with my web site =).
    We will have a link trade arrangement between us

  6. I was curious if you ever thought of changing the page layout of your blog?
    Its very well written; I love what youve got to say.
    But maybe you could a little more in the way of content so
    people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only
    having one or 2 images. Maybe you could space it out better?

  7. Hi! This is kind of off topic but I need some advice from an established blog. Is it very hard to set up your own blog? I’m not very techincal but I can figure things out pretty fast. I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to begin. Do you have any tips or suggestions? Thanks

  8. Thanks for another informative web site. Where else could I get that type of information written in such an ideal way? I’ve a project that I am just now working on, and I have been on the look out for such info.

  9. But wanna input on few general things, The website design is perfect, the content material is very wonderful. “Art for art’s sake makes no more sense than gin for gin’s sake.” by W. Somerset Maugham.

Komentar ditutup.