Pusat Perdagangan Terintegrasi di Malut Bakal Dibangun di Sofifi

0
Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba. (Ask/Penamalut)

PENA – Pemerintah berencana membangun pusat perdagangan terintegrasi di Ibukota Provinsi Maluku Utara, Sofifi. Ini disampaikan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba saat menemui Menko Maritim, Luhut Binsar Panjaitan di Jakarta pada Selasa (23/2).

Saat ditemui di kediaman di Ternate, Rabu (24/2) tadi, Gubernur yang akrab disapa AGK ini mengungkapkan bahwa keinginannya agar Sofifi sebagai ibukota provinsi harus ada pusat perdagangan yang terintegrasi. Sehingga itu, dirinya menemui Menko Luhut agar mengutarakan keinginannya itu.

“Kita upayakan bangun pusat perdagangan terintegrasi di Maluku Utara. Insya Allah lahannya akan kita siapkan di Sofifi,” ujar Gubernur dua periode itu.

Menurutnya, Menteri Luhut merespons baik keinginan ini. Hanya saja, lahan yang akan dibangun pusat perdagangan ini harus terbebas dari masalah sengketa dan sebagainya. “Pak Menteri minta lahan itu harus terpenuhi semuanya, barulah akan dibangun,” tuturnya.

Ia bilang, pusat perdagangan terintegrasi ini akan dibangun dengan menggunakan anggaran ratusan miliaran oleh pemerintah pusat. Sehingga itu, dirinya meminta dukungan semua pihak agar secepatnya lahan itu disiapkan.

Selain itu, lanjut AGK, hal lain yang dibicarakan dengan Menko Maritim adalah rencana pembangunan Bandara di Sofifi yang belum pasti lantaran terganjal masalah lahan. Bahkan pembangunan peti kemas di Sofifi juga disinggung pada pertemuan tersebut.

“Kalau lahan ini sudah siap, maka itu akan dibangun secepatnya,” terangnya. (ask)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here