Hadiri Rakorwasin Keubang, Gubernur Minta Peran APIP Dimaksimalkan

Gubernur Abdul Gani Kasuba saat menyampaikan sambutannya pada Rakorwasin Keubang. (Humas Pemprov Malut)

PENAMALUT.COM, TERNATE – Dalam rangka pengawasan internal keuangan dan pembangunan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Maluku Utara menggelar Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan (Rakorwasin Keubang) tingkat Provinsi Maluku Utara.

Rakoor yang berlangsung di grdung Gamalama Ballroom, Sahid Bela Hotel Ternate pada Senin (24/5) itu dihadiri Gubernur Abdul Gani Kasuba.

Dalam sambutannya, gubernur yang akrab disapa AGK itu menyampaikan bahwa visi dan misi kepala daerah merupakan komitmen kepala daerah dalam menjalankan pemerintahan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, pelaksanaan program dan kegiatan di setiap perangkat daerah harus dilaksanakan secara efektif menggunakan sumber daya yang ada secara efisien, dengan menaati semua ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Untuk memastikan pelaksanaan program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh perangkat daerah telah sesuai dengan standar atau norma yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, maka diperlukan sistem kontrol dan pengawasan yang baik.

Untuk mengontrol dan mengawasi pelaksanaan program dan kegiatan perangkat daerah, kepala daerah dibantu Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam hal ini Inspektorat daerah.

APIP dapat memberikan nilai tambah maksimal, jika diberikan kapabilitas yang cukup. Bentuk kapabilitas tersebut berupa kewenangan atau peran yang sesuai. Peran tersebut dalam bentuk melaksanakan apa yang menjadi tugasnya sesuai kebijakan pengawasan dari kemendagri, arahan pimpinan, BPKP, dan KPK.

“Kapabilitas juga berarti kemampuan untuk melaksanakan peran tersebut. Untuk itu, tentu saja perlu dukungan SDM, anggaran, metode kerja serta sarana dan prasarana yang memadai,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, pemerintah daerah harus memberikan peran yang sesuai dan mendukung peran APIP baik dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM maupun sarana dan prasarana, serta dengan anggaran yang memadai.

Gubernur dua periode ini juga menyampaikan bahwa untuk meningkatkan peran APIP, maka APIP harus aktif berkomunikasi dengan BPK, KPK dan APH, serta bersinergi dengan sesama Inspektorat daerah maupun Inspektorat Provinsi dan Inspektorat Jenderal Kementerian dan BPKP.

“Informasi yang saya terima dari Pak Inspektur Provinsi, sinergi dengan BPKP sudah berjalan dengan cukup baik, dan akan terus ditingkatkan guna mewujudkan tujuan bersama,” ungkapnya.

Dirinya mengajak semuanya untuk terus bahu membahu, saling bersinergi dalam meningkatkan kualitas dan peran APIP di wilayah Provinsi Maluku Utara.

“Dengan diselenggarakannya Rakorwasin Keubang, ini merupakan salah satu bentuk sinergi dalam mengawal pembangunan Maluku Utara dalam berbagai sektor agar dapat berjalan sukses dan mencapai hasil yang diharapkan,” pungkasnya menutup. (Red/adv)

Respon (23)

  1. К 5-летию свадьбы решил подарить жене нечто особенное – букет из искусственных цветов. Заказал его на “Цветов.ру” и добавил легкости и веселья в нашу гармоничную жизнь. Спасибо за творческий подход! Советую! Вот ссылка https://nep08.ru/lipetsk/ – букет цветов с доставкой

  2. Ping-balik: you can try here
  3. I would like to thnkx for the efforts you have put in writing this blog. I am hoping the same high-grade blog post from you in the upcoming as well. In fact your creative writing abilities has inspired me to get my own blog now. Really the blogging is spreading its wings quickly. Your write up is a good example of it.

  4. Just desire to say your article is as surprising. The clarity on your put up is just excellent and
    i could suppose you are knowledgeable on this subject.
    Well along with your permission let me to snatch your RSS feed to
    keep updated with coming near near post. Thank you one million and please continue the rewarding work.

  5. Hi, I think your site might be having browser compatibility issues. When I look at your website in Safari, it looks fine but when opening in Internet Explorer, it has some overlapping. I just wanted to give you a quick heads up! Other then that, fantastic blog!

Komentar ditutup.