banner 728x250

Tindaklanjut Temuan BPK, BPKPAD Maluku Utara Genjot Pajak Air Permukaan

  • Bagikan
Kepala BPKPAD Maluku Utara, Ahmad Purbaya. (Aska Penamalut)
banner 468x60

PENAMALUT.COM, SOFIFI – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI menemukan sejumlah persoalan pengelolaan keuangan daerah di Pemerintah Provinsi Maluku Utara, salah satunya adalah kekuranagn potensi penerinaan pajak air permukaan.

Untuk menindaklanjuti temuan tersebut, Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Aset Daerah (BPKPAD) Provinsi Maluku Utara akan menggenjot pengelolaan pendapatan yang didalamnya termasuk pajak air permukaan.

banner 336x280

Bahkan BPKPAD telah menggandeng Komisi II DPRD Malut untuk turun ke sejumlah perusahaan tambang di Malut beberapa waktu lalu guna mengonfirmasi penggunaan air permukaan.

“Bahkan perusahaan IWIP sudah bayar. Kita tinggal verifikasi, apakah yang dibayarkan itu sudah sesuai dengan pemakaian atau tidak. Sekarang ini Samsat kabupaten/kota sudah bergerak untuk verifikasi,” kata Kepala BPKPAD Malut, Ahmad Purbaya kepada wartawan, Senin (7/6) tadi.

Pihaknya, kata Purbaya, juga akan menyurat ke BPKP Perwakilan Malut untuk membentuk tim optimalisasi pendapatan dan akan berkonsultasi ke BPK.

Saat ini, semua perusahaan telah melaporkan penggunaan air permukaan dan pihaknya juga telah menetapkan surat ketetapan pajak (SKP).

“Perusahaan tinggal membayar pajaknya. Biarkan bayar dulu, selanjutnya nanti tim turun untuk verifikasi penggunaan air permukaan, apakah sudah sesuai atau tidak. Kalau tidak, maka nanti kita terbitkan SKP kurang membayar agar dibayarkan lagi,” jelasnya.

“Kita juga akan adakan pemasangan air di setiap perusahaan. Jadi ketika perusahaan itu sudah punya meteran air, tinggal divalidasi oleh Dinas Perindag,” sambungnya.

Ia bilang, tahun ini akan fokus menggenjot pendapatan khusus pajak air permukaan dan bahan bakar untuk meningkatan PAD.

“Tahun kemarin kurang perhatian, mungkin juga covid, jadi lebih perhatiannya ke pajak kendaraan. Tahun ini kita akan fokus,” pungkasnya. (Red)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *