Lokal  

Sidak, Ini Yang Ditemukan Bupati Sula

Bupati Sula, Fifian Adeningsih Mus. (Isrudin/Penamalut)

PENAMALUT.COM, SANANA – Bupati Kabupaten Kepulauan Sula, Fifian Adeningsi Mus melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke RSUD Sanana, Dinas Kesehatan, dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) pada Kamis (24/6).

Di RSUD, Bupati Fifian melihat seperti suasana di Puskesmas. Padahal, kata dia, ini sudahk 50 persen dibenahi seperti yang disampaikan Direktur RSUD.

“Berarti sebelumnya lebih parah,” kata dia.

Bupati bilang, sebelumnya ia pernah menjenguk kerabat yang sakit dan melihat pintu ruangan tidak ada. Begitu juga kipas angin dan AC tidak aktif.

“Kalau seperti ini, bagaimana masayarakat atau pasien bisa sembuh, lebih baik mereka dirumah. Sebab pelayanan RSUD seperti ini, masayarakat itu menginginkan pelayanan yang terbaik dari Pemda melalui RSUD Sanana,” ujarnya.

Sementara Dirut RSUD Sanana, Marini Nur Ali menyampaikan, langkah pertama yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan RSUD dan data yang saat ini sudah disiapkan.

Dengan begitu, ia berharap ke depan pelayanan di RSUD Sanana bisa ditingkatkan, terlibih dahulu tenaga kerja. Karena faislitas ada, tapi tidak ada tenaga kerja, maka hal itu sama saja.

Lanjut Marini, tenaga dokter saat ini masih kurang, terutama dokter radiologi. Radiologi hanya ada satu tenaga dokter, dan satu tenaga D3. Bahkan alat di radiologi tidak bisa digunakan, karena daya listrik rendah. Sehingga semua alat di RSUD Sanana tidak bisa digunakan.

“Kalau tenaga dokter sendiri di RSUD yang urgent sudah terpenuhi, ada sekitar 8 dokter seperti dokter umum dan dokter spesialis. Hanya dokter radiologi yang kurang,” tandasnya. (ish/ask)

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.