Pembangunan Kantor Samsat Halmahera Timur Mangkrak

  • Bagikan
Kepala Samsat Halmahera Timur, Zabarullah.

PENAMALUT.COM, MABA – Progres pembangunan kantor Sistem Manunggal Satu Atap (Samsat) Kabupaten Halmahera Timur (Haltim) yang berjalan kurang lebih 3 tahun ini tidak lagi dilanjutkan oleh pemerintah Provinsi Maluku Utara (Malut).

Amatan Penamalut.com, kondisi bangunan yang dibangun di samping kantor Bupati Haltim itu sudah ditutupi semak belukar hingga tidak lagi dikenali ketika berada di jalan umum lokasi pemerintah. Padahal bangunan yang menggunakan anggaran Pemprov tersebut tinggal memasuki tahapan akhir, tapi malah terlihat memprihatinkan.

Kepala Samsat Haltim Zabarullah, ketika dikonfirmasi di ruang kerjanya mengatakan, untuk pembagunan kantor Samsat tersebut tidak menjadi kewenangan pihaknya karena dibangun oleh Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Malut.

“Jadi benar untuk kantor Samsat itu kalau dulu kan masih di Keuangan. Sekarang sudah pisah Keuangan sama Bapenda (Badan Pendapatan Daerah), jadi kita juga belum tahu,” Jelasnya.

Kata dia, untuk permasalahan tersebut, dirinya akan berkoordinasi dengan BPKAD maupun Bapenda  terkait kejelasan kelanjutan pebangunan kantor yang ada di Kota Maba itu. “Nanti saya rapat di Ternate baru saya tanya, bagimana kelanjutannya,” ungkap dia.

Dikatakan, pihaknya sebenarnya juga berkepentingan agar progres pembanguan Kantor Samsat itu cepat diselesaikan. Pasalnya hingga saat ini, kantor yang digunakan oleh Samsat Haltim merupakan milik Pemerintah Daerah Haltim.

“Kalau kantor kan harusnya di Ibu Kota. Tapi nanti kita lihat seperti apa, apakah nanti kita serahkan ke pemerintah kabupaten atau seperti apa,” katanya.

Sementara itu, ditanyai efektifitas pelayanan pajak kendaraan jika pelayana dilakukan di Kota Maba, dirinya mengaku pihaknya akan melakukan pertimbangan rentang kendali, dimana posisi Samsat harus memungkinkan para wajib pajak untuk dapat dijangkau.

“Yang pasti skemanya nanti diatur yang penting kantor itu tuntas dulu dibangun,” ungkapnya menutup.

Untuk diketahui, pembanguan kantor Samsat Haltim sudah dilakukan sebanyak dua tahap, namun hingga saat ini kelanjutan proyek tersebut masih belum dilakukan oleh Pemprov Malut. (MDF)

banner 1280x960
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!